Bawaslu Akan Pelototi Media Sosial dalam Pemilu Serentak 2024

Sep 18, 2022 08:08
Ilustrasi hoax.(Foto: Istimewa).
Ilustrasi hoax.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Malang memetakan sejumlah kerawanan yang dinilai muncul pada Pemilihan Umum (Pemilu) serentak pada 2024 mendatang. Baik di gelaran Pemilihan Legislatif (Pileg), Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). 

Ketua Bawaslu Kabupaten Malang Wahyudi mengatakan, salah satu hal yang akan diawasi cukup ketat adalah pergerakan di media sosial. Dalam hal tersebut Bawaslu juga bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo). 

"Konsentrasi Bawaslu ketika itu nanti ada muatan kampanye, kita akan mengawasi dan memantau (pergerakan) media sosial. Secara standar kami akan bekerja sama dengan Diskominfo," ujar Wahyudi belum lama ini. 

Wahyudi mengatakan, secara khusus dirinya berupaya untuk meminimalisir adanya berita bohong atau hoaks, ujaran kebencian dan SARA. Kepada Diskominfo dirinya juga meminta untuk bisa memantau akun-akun tidak bertanggung jawab yang berpotensi mengunggah ketiga hal tersebut. 

"Sementara 3 hal itu yang dinilai masih memiliki kerawanan. Sembari kamu terus memetakan hal-hal lain yang kemungkinan berpotensi," terang Wahyudi.

Selain itu, pihaknya juga akan memetakan kerawanan yang kemungkinan muncul pada setiap tahapan. Sebab menurutnya, dalam setiap tahapan pada proses pemilu juga memiliki kerawanannya masing-masing. 

"Misalnya, saat tahapan verifikasi faktual, itu dapil mana yang mungkin rawan. Hal seperti itu yang terus kita petakan," imbuh Wahyudi. 

Menurutnya, dalam hal ini, semua elemen masyarakat perlu untuk mendukung terciptanya persaingan yang sehat dan terhormat pada kontestasi tersebut. Untuk itu pihaknya memberikan atensi pada prosesnya. 

"Ini kan menjadi agenda, dan di dalamnya adalah persaingan yang disahkan. Kan sah-sah saja siapa yang mau bersaing, namun harus dilakukan secara sehat dan terhormat, karena ini untuk memilih pemimpin," pungkas Wahyudi. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru