Polres Malang Segera Selidiki Penyebab Kebakaran Pabrik Kertas CV Kurnia Jaya

Sep 17, 2022 20:36
Upaya pemadaman api di pabrik CV Kurnia Jaya, Jumat (16/9/2022).(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Upaya pemadaman api di pabrik CV Kurnia Jaya, Jumat (16/9/2022).(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Beberapa hal terkait peristiwa kebakaran di pabrik kertas CV. Kurnia Jaya sudah mulai diidentifikasi. Kepolisian mendapati setidaknya ada 6 area gudang produksi di pabrik itu yang ludes dilalap api pada Jumat (16/9/2022) siang. 

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun di lokasi, api diketahui pertama diduga akibat korsleting listrik dari mesin laminasi sektor 9. Mesin itu digunakan untuk memproses gulungan kertas bahan yang dilaminasi menggunakan bahan plastik, yang terdapat pada gudang produksi bagian laminasi (kertas bungkus).

Percikan api yang diakibatkan korsleting listrik itu yang diduga langsung menyulut tumpukan kertas bahan baku. Sehingga dengan cepat api membesar dan merambah ke seluruh bangunan gudang produksi. 

Karyawan yang berada di dalam area gedung dan mengetahui hal tersebut langsung berupaya memadamkan api dengan menggunakan tabung APAR  (alat pemadam api ringan) yang ada di gudang produksi. Namun sayangnya, api tidak berhasil dijinakkan menggunakan APAR. Sehingga terus merembet dan membakar bahan baku yang sebagian besar adalah kertas dan plastik. 

Mendapati api tak dapat dijinakkan, pihak perusahaan lantas melaporkan peristiwa itu ke pihak berwajib, dalam hal ini Polsek Wagir, untuk meminta bantuan pemadaman dari tim pemadam kebakaran (damkar). 

Dalam peristiwa tersebut, setidaknya ada sebanyak 14 unit mobil damkar yang berupaya menjinakkan si jago merah. Ke-14 unit mobil damkar tersebut gabungan dari Pemkot Malang, Pemkab Malang dan Pemkot Batu. 

Selain itu, personel TNI-Polri bersama 84 orang petugas damkar serta 48 relawan dari berbagai komunitas juga turut terlibat dalam upaya pemadaman yang berlangsung lebih dari 10 jam itu. Pemadaman berlangsung lama karena faktor material yang terbakar merupakan bahan kertas rol padat. 

Sementara itu, Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat melalui Kasat Reskrim AKP Donny Kristian Bara'langi mengatakan pihaknya masih melakukan penyelidikan apa yang menjadi penyebab kebakaran. Kerugian pun juga masih ditaksir.

“Belum tahu apa penyebabnya ya. Masih dalam penyelidikan, kerugian pun belum estimasi. Masih periksa saksi,” ucapnya.

Donny juga telah memerintahkan anggotanya untuk mengamankan TKP dan memasang garis polisi serta menugaskan tim identifikasi Satreskrim Polres Malang untuk melakukan olah TKP awal. Dalam waktu dekat, pihaknya akan melakukan pemeriksaan bersama dengan tim Labfor Polda Jatim.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru