Miliki Sarpras Mumpuni, Disporapar Kota Malang Sajikan Wisata Event

Sep 17, 2022 20:20
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni saat ditemui di kegiatan Kakang Mbakyu Kota Malang 2022, Jumat (16/9/2022). (Foto: Dok. JatimTIMES)
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni saat ditemui di kegiatan Kakang Mbakyu Kota Malang 2022, Jumat (16/9/2022). (Foto: Dok. JatimTIMES)

JATIMTIMES - Dengan berbagai fasilitas dan sarana prasarana (sarpras) yang mumpuni, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang terus menyajikan berbagai sajian paket wisata event untuk menarik para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disporapar Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni mengatakan,  paket wisata event merupakan daya jual tersendiri bagi Kota Malang. Pasalnya, hal itu merupakan potensi yang dimiliki Kota Malang. 

"Wisata event salah satunya. Event itu banyak seperti olahraga, seni budaya dan event meetings, incentives, conferences, exhibitions (MICE)," ungkap perempuan yang akrab disapa Dayu itu. 

Paket wisata event dinilai dapat menarik wisatawan. Terlebih lagi, potensi wisata event Kota Malang dari sisi heritage, sejarah, seni, budaya hingga pendidikan dapat dipromosikan sebaga daya tarik tersendiri.  Di sisi lain, Kota Malang  sangat minim memiliki wisata alam. 

"Di Kota Malang kebetulan sarana prasarananya juga mendukung. Demikian juga event olahraga, sarana prasarana olahraga banyak. Kemudian event pendidikan ada workshop atau seminar. Itu perguran tinggi hampir semua mengadakan," jelas Dayu. 

Lebih lanjut, Dayu  menyebutkan bahwa ke depan atau Oktober 2022 bakal digelar turnamen bulu tangkis  tingkat internasional. Yakni Indonesia International Challenge dan Indonesia Master Super.  Kemudian  November 2022, juga digelar Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas).

Menurut Dayu, dengan berbagai event atau acara yang digelar di Kota Malang, membuktikan Kota Malang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.  "Jadi, kami mencari event-event seperti itu. Kota Malang ini adalah salah satu daerah yang sarana dan prasarananya lengkap," ucap Dayu. 

 Dayu juga membeberkan data wisatawan yang datang ke Kota Malang hingga Agustus 2022 mencapai 5,8 juta orang. Jumlah tersebut telah melebihi target kunjungan wisata tahun 2022  yang sebesar 1,9 juta orang. 

Pihaknya pun berharap, nantinya hingga akhir tahun 2022, target kunjungan wisatawan ke Kota Malang mencapai 6,5 juta orang seperti sebelum adanya pandemi covid-19. "Harapannya seperti sebelum pandemi covid-19, target kita 6,5 juta. Mudah-mudahan tercapai hingga akhir tahun," pungkas Dayu. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru