Lewat Usaha Toko Kelontong,Ibu Watini Bisa Sekolahkan Anaknya hingga ke Perguruan Tinggi

Sep 17, 2022 14:24

JATIMTIMES - Ibu Watini,wanita berusia 53 tahun asal Desa Sembung,Kecamatan Wedi,Kabupaten Klaten,bercerita bagaimana awal ia memulai usahanya 28 tahun lalu dengan membuka toko kelontong kecil-kecilan yang ia bangun bersama suaminya dengan bermodal paspasan pada waktu itu dan memiliki anak yang masih kecil.

“Dulu saya sama suami nekat buka toko kelontong kecil-kecilan agar bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari yang mana waktu itu saya juga memiliki anak masih kecil jadi selama berjualan anak saya titipkan ke ibu saya atau neneknya anak-anak” Ungkap Ibu Watini,selaku pemilik toko saat diwawancara Mita Permatasari  (senin,12 September 2022)

Namun seiring berjalannya waktu ia terus berpikir memutar otak agar toko yang ia miliki berkembang dengan modal usaha yang ia miliki pada saat itu.Kemudian usaha yang dilakukan ibu watini tersebut tidak sia-sia karena keadaan tokonya sedikit demi sedikit mulai terisi komplit.Namun ditengah ia merintis usahanya yang mulai sedikit berangsur membaik beliau mendapat musibah yang mana pada saat itu suaminya sakit hingga akhirnya pada tahun 2012 suami dari ibu watini meninggal dunia.

“Dulu sejak tahun 2012 setelah almarhum suami saya meninggal,saya membesarkan ke tiga anak saya sendiri yang mana pada saat itu masih sekolah jadi harus benar-benar berpikir bagaimana cara agar kebutuhan anak-anak tercukupi sama biar bisa tetap sekolah” ungkap Ibu Watini,selaku pemilik toko saat diwawancara Mita Permatasari  (Senin,12 September 2022)

Ia bahkan tidak percaya sampai di titik ini bisa menjalani usaha toko kelontongnya dengan baik, bahkan semakin maju. Ia bahkan bisa menyekolahkan  anaknya ke jenjang perguruan tinggi.Kini anak pertamanya sudah bekerja di Korea.Anak kedua sudah selesai kuliah dan bekerja di salah satu perusahaan lalu anak ke tiganya sedang menjalani masa perkuliahannya di salah satu Universitas di Yogyakarta.

Berkat kegigihannya ibu watini bisa membangun toko kelontongnya menjadi toko kelontong semi grosir dengan omset yang lumayan perbulanya sehingga bisa menghidupi anak-anaknya.

“Toko yang saya bangun ini sangat membantu ekonomi keluarga saya.Mulai dari sekolah anak-anak,biaya kebutuhan sehari-hari,semua dari sini (toko yang ia dirikan).Karena saya tidak bekerja dari mana lagi kalo bukan dari toko ini?.Apalagi saya seorang single parent sejak meninggalnya suami saya”.Ujar Ibu Watini,selaku pemilik toko saat diwawancara Mita Permatasari (Senin,12 September 2022)

 

Penulis : Mita Permatasari,Prodi Manajemen,Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta 

Ignatius Soni Kurniawan ( Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa,Yogyakarta)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru