3 Siksaan Teringan untuk Penghuni Neraka

Sep 17, 2022 07:49
Ilustrasi panasnya api neraka (depositphotos)
Ilustrasi panasnya api neraka (depositphotos)

JATIMTIMES - Para penghuni neraka akan mendapatkan siksa pedih dari Allah SWT. Hal ini tentu balasan atas amal perbuatan mereka selama hidupnya di dunia. Dilansir dari beberapa sumber, beragam siksa pedih akan didapatkan pendosa, salah satunya siksa ringan melalui makanan, minuman dan pakaian untuk penghuni neraka.

Ibnu Abbas RA, meriwayatkan hadis, bahwa Rasulullah bersabda, "Penduduk surga yang paling ringan siksanya adalah Abu Thalib. Ia memakai sandal yang keduanya dapat mendidihkan otaknya." (HR. Muslim).

Mulai dari makanan, para pendosa di neraka ketika kelaparan, Allah akan memberikannya sebuah makanan berupa cairan panas. Meski makanan tersebut telah dimakan, namun mereka tak akan pernah merasa kenyang. Makanan ini sendiri begitu menjijikkan, sebab, di dalamnya berisi nanah dan rasanya pun pahit.

Kemudian, Allah akan memberikan minuman yang menyakitkan. Para penghuni neraka akan mendapatkan minuman yang awalnya terasa hangat di tenggorokan, ketika telah berada di dalam perut minuman tersebut akan mendidih dan membuat perut mereka kepanasan.
Meskipun meminumnya sebanyak mungkin, minuman tersebut tak akan menghilangkan rasa haus. 

Dalam Alquan Allah berfirman, "Perumpamaan taman surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa; di sana ada sungai-sungai yang airnya tidak payau, dan sungai-sungai air susu yang tidak berubah rasanya, dan sungai-sungai khamar (anggur yang tidak memabukkan) yang lezat rasanya bagi peminumnya, dan sungai-sungai madu yang murni. Di dalamnya mereka memperoleh segala macam buah-buahan, dan ampunan dari Tuhan mereka. Samakah mereka dengan orang yang kekal dalam neraka, dan diberi minuman dengan air yang mendidih, sehingga ususnya terpotong-potong?. (QS Muhammad : 15)

Dan selanjutnya adalah penghuni neraka akan mendapatkan siksaan dengan pakaian yang mereka kenakan. Pakaian yang diberikan untuk penghuni neraka adalah berasal dari api neraka yang panasnya akan membakar kulit dan tubuh mereka.

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, "Api yang biasa kalian nyalakan merupakan sebagian dari 70 bagian panasnya neraka jahanam". "Ya Rasulullah, demi Allah sungguh api dunia ini benar-benar cukup panas," ungkap para sahabat.

Nabi Muhammad SAW melanjutkan, "Tetapi sungguh api neraka jahanam 60 sembilan kali lebih panas dibandingkan api dunia, yang masing-masing bagian sama panasnya dengan api di dunia" (Hadist Riwayat Bukhari, Muslim dan Tirmidzi)

Siksa yang paling ringan dari penghuni neraka adalah, mereka yang kedua kakinya dipakai kan dua sandal jepit yang mempu mendidihkan otaknya. Imam Abu Laits as-Samarqandi menuliskan sebuah hadis dalam kitabnya 'Tanbihul Ghafilin', Rasulullah SAW bersabda, 

“Sesungguhnya siksaan penghuni neraka yang paling ringan adalah seseorang yang pada kedua kakinya ada dua sandal dari api neraka yang karena kedua sandal itu otaknya mendidih seolah–olah sandal itu adalah periuk, di mana pada telinganya ada bara api, pada giginya ada bara api, dan pada bibirnya ada uap api. Usus perutnya keluar dari kedua telapak kakinya. Ia berpendapat bahwa dia adalah penghuni neraka yang paling ringan siksaanya."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru