Awas, Instal Aplikasi Ini Saldomu Rekening Bisa Lenyap

Sep 16, 2022 19:35
Dua aplikasi yang disisipi Malware dapat melakukan pencurian saldo rekening (Twitter CCICPolri)
Dua aplikasi yang disisipi Malware dapat melakukan pencurian saldo rekening (Twitter CCICPolri)

JATIMTIMES - Seiring perkembangan teknologi, kejahatan siber kini kian beragam. Bahkan, dalam perkembangannya para pelaku kejahatan siber melakukan aksinya dengan membuat sebuah aplikasi antivirus yang di dalamnya disisipkan malware untuk melakukan pencurian data sampai bisa mencuri saldo rekening bank.

Akun Twitter Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri @CCICPolri menginformasikan hal tersebut. Dalam unggahannya, disampaikan bahwa sebuah Trojan perbankan dikabarkan telah menyerang sejumlah korban. Trojan tersebut ditanam pada sebuah aplikasi antivirus palsu.

"Catat! Aplikasi Antivirus Palsu Ini Bisa Mencuri Saldo Rekening Bank! Sebuah trojan perbankan dikabarkan telah menyerang sejumlah korban. Trojan tsb ditanam pada aplikasi antivirus palsu. Malware itu menyedot cookie history ketika korban masuk ke rekening bank," Tweet akun @CCICPolri (11/9/2022).

Lebih lanjut dijelaskan dalam grafis yang diunggah akun itu, dimana bersumber dari blogfox-itdotcom, Trojan perbankan Android yang dikenal Sharkbot kembali muncul di toko aplikasi Google Play store menyaru sebagai aplikasi antivirus dan pembersih. 

Bahkan, aplikasi yang mengandung Malware tersebut telah banyak diunduh mencapai 60 ribu unduhan. Hal ini diduga para pengguna smartphone tak mengetahui jika aplikasi tersebut berbahaya.

Cara kerja Sharkbot, menyedot cookie ketika korban masuk pada rekening bank miliknya, baik melalui mobile, internet maupun SMS banking. 

"Malware ini memiliki kemampuan secara otomatis membalas pesan masuk tautan ke Malware untuk penyebaran," tulis narasi dalam grafis yang diunggah.

Terdapat dua aplikasi yang berada di toko aplikasi Google Play store yang tampak merupakan antivirus dan pembersih memori. Dua aplikasi ini terindikasi disusupi oleh Malware Sharkbot.

"Aplikasi yang dimaksud adalah Mister Phone Cleaner dan Kylhavy Mobile Security yang telah memiliki 60 ribu intalasi," info dalam grafis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru