Usai PHO, Pemeliharaan Gedung MCC Setahun Jadi Tanggungjawab Pelaksana

Sep 16, 2022 17:14
Gedung Malang Creative Center (MCC) Kota Malang (foto: Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)
Gedung Malang Creative Center (MCC) Kota Malang (foto: Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)

JATIMTIMES - Proyek Pembangunan fisik Gedung Malang Creative Center (MCC) kini telah selesai dibangun. Proses Provisional Hand Over (PHO) telah dilakukan pihak pelaksana yang menyerahkan sementara pekerjaan kepada tim penilai di Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP).

Plt Kepala DPUPRPKP Kota Malang, Diah Ayu Kusumadewi membenarkan hal tersebut, kala berada di MCC beberapa waktu lalu.

Pihaknya menyampaikan, jika memang sesuai mekanisme, PHO sudah dilakukan. Sehingga dalam prosesnya, tim di DPUPRPKP kemudian akan melakukan pengecekan terhadap pekerjaan yang sementara telah diserahkan melalui proses PHO.

"Kita tunggu satu tahun, kemudian kita Final Hand Over (FHO) kita cek lagi (apakah ada hal-hal yang masih kurang atau tidak)," katanya.

Sementara itu, pihak pelaksana perwakilan kontraktor pelaksana pembangunan MCC, Samsul Alam menyampaikan, jika pemeliharaan Gedung MCC memang masih menjadi kewajiban pihak pelaksana.

Rentang waktu tanggung jawab pihak pelaksana dalam pemeliharaan atau perawatan Gedung MCC hanya sampai dengan satu tahun lamanya.

"Ada yang kurang-kurang kayak nad nya masih kotor dan beberapa hal lain memang kewajiban kita, sampai nanti satu tahun," jelasnya beberapa waktu lalu.

Setelah satu tahun, nantinya akan ada proses FHO untuk penyerahan pekerjaan final. Dalam proses tersebut, DPUPRPKP Kota Malang akan melakukan pengecekan kembali hasil pekerjaan.

“Jika nantinya sudah beres semua, kemudian tanda tangan FHO, itu kewajiban kita sudah selesai,” jelasnya.

Proyek pembangunan Gedung MCC sendiri, dijelaskan Samsul telah selesai 100 persen per Juli lalu. Namun beberapa kekurangan kecil terus dalam pemantauan dibantu dengan konsultan.

"Kekurangan yang ada terus kita perbaiki," jelasnya.

Sementara itu, gedung MCC sendiri, ditargetkan Pemkot Malang dapat terisi pada akhir Oktober. Paling tidak, seperti yang dijelaskan Wali Kota Malang, Sutiaji sebelumnya, gedung dapat terisi 70 persen sampai 75 persen sebelum akhirnya dilakukan soft launching hingga launching.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru