Kebakaran Gudang Pabrik Kertas di Wagir Cukup Susah Dipadamkan

Sep 16, 2022 17:00
Kobaran api yang masih menyala di Gudang milik Pabrik Kertas CV Kurnia Jaya. (Foto: Riski Wijaya/ MalangTIMES).
Kobaran api yang masih menyala di Gudang milik Pabrik Kertas CV Kurnia Jaya. (Foto: Riski Wijaya/ MalangTIMES).

JATIMTIMES - Sebuah pabrik kertas di Pandanlandung, Kecamatan Wagir Kabupaten Malang terbakar hebat pada Jumat (16/9/2022) siang. Api diperkirakan mulai muncul sekitar pukul 13.30 WIB. 

Bangunan yang terbakar tersebut merupakan gudang kertas milik CV Kurnia Jaya. Lokasi pabrik ini tepatnya berada di perbatasan antara Kota Malang dan Kabupaten Malang.

Pantauan di lokasi kejadian, setidaknya ada 10 unit mobil pemadam kebakaran yang berjibaku melawan si jago merah. 7 unit di antaranya milik Damkar Kabupaten Malang dan 2 unit mobil tangki air milik unit damkar Kota Malang. 

"Ini kami masih minta bantuan (mobil damkar) 1 lagi dari PT Bentoel. Jadi total ada 10 (unit)," ujar Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran (PPK), Goly Karyanto, Jumat (16/9/2022) sore. 

Upaya pemadaman berlangsung cukup lama. Sejak diketahui muncul api pada pukul 14.00 WIB, upaya pemadaman masih terus berlangsung hingga pukul 16.30 WIB. 

Petugas pemadam kebakaran berjibaku melakukan upaya pemadaman.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

Pantauan di lokasi kejadian, upaya pemadaman dilakukan dari beberapa sisi. Satu sisi dari sisi luar pabrik. Dan ada beberapa unit mobil damkar yang melakukan pemadaman di dalam area gudang. 

Akibat peristiwa tersebut, seluruh karyawan di pabrik itu tampak berhamburan keluar pabrik untuk menyelamatkan diri. Hingga berita ini diunggah, upaya pemadaman masih terus berlangsung. 

"Karena yang terbakar ini pabrik kertas, kita ketahui kertas mudah terbakar, jadi air tidak boleh putus dan harus kontinyu. Kalau (air) putus, api bisa muncul lagi," pungkas Goly. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru