Awal Semester, 481 KK di Kabupaten Malang Terdampak Bencana

Sep 16, 2022 09:33
Curah hujan tinggi yang menyebabkan salah satu akses jalan di Malang Selatan terputus karena ambrol. (Foto : BPBD Kabupaten Malang for Jatim TIMES)
Curah hujan tinggi yang menyebabkan salah satu akses jalan di Malang Selatan terputus karena ambrol. (Foto : BPBD Kabupaten Malang for Jatim TIMES)

JATIMTIMES - Memasuki awal semester kedua, yakni hingga akhir Agustus 2022 ratusan kepala keluarga (KK) di Kabupaten Malang terdampak kejadian bencana.

Berdasarkan data yang dihimpun Jatim Times, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Malang telah memberikan ribuan bantuan termasuk sembako terhadap ratusan KK yang terdampak kejadian bencana.

"Hingga akhir bulan lalu (Agustus 2022) tercatat ada 481 penerima manfaat akibat terdampak kejadian bencana," kata Sekretaris PMI Kabupaten Malang, Aprilijanto kepada JatimTIMES.com.

Pria yang akrab disapa April ini menambahkan, dari 481 KK penerima manfaat bantuan sosial tersebut, sebanyak 1.168 diantaranya merupakan laki-laki. Sedangkan penerima manfaat dari kalangan perempuan ada 1.169 orang.

"Jika dihitung secara perorangan total ada 2.337 jiwa yang mendapatkan bantuan sosial," jelasnya.

Sekedar informasi, selain memberikan bantuan berupa sembako kepada masyarakat yang terdampak kejadian bencana. PMI Kabupaten Malang juga memberikan bantuan berupa tarpaulin atau sejenis terpal, family kit yang meliputi peralatan kebersihan, hingga hygient kit berupa pakaian dan sejenisnya.

April menambahkan, para penerima bantuan tersebut merupakan korban maupun warga yang terdampak dari 72 kejadian bencana yang terjadi di Kabupaten Malang.

"Mulai Januari hingga akhir Agustus (2022) ada 72 kejadian bencana yang penanganannya melibatkan PMI Kabupaten Malang," terangnya.

Dari jumlah tersebut, masih menurut April, merupakan kejadian bencana yang terdiri dari banjir, longsor, musibah hujan lebat yang disertai angin kencang, kebakaran, laka sungai, hingga evakuasi musibah maupun bencana.

"Paling banyak kejadian hujan deras disertai angin kencang, hingga akhir Agustus (2022) ada 34 kejadian," tukasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru