Segera Uninstal, Dittipidsiber Polri Ungkap 4 Aplikasi Berbahaya di Toko Aplikasi

Sep 15, 2022 20:35
Ilustrasi Malware (istockphoto)
Ilustrasi Malware (istockphoto)

JATIMTIMES - Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, menginformasikan 4 aplikasi berbahaya yang mengandung Malware. Hal tersebut disampaikan Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri pada kaum Twitter resminya @CCICPolri.

Dijelaskan, bahwa terdapat sejumlah aplikasi berbahaya yang beredar di Play Store. Aplikasi ini telah disusupi oleh Malware. Malware merupakan perangkat lunak yang biasanya digunakan oleh cybercriminal untuk mencuri data, menyebabkan kekacauan, dan merusak perangkat.

Pencurian data dapat dilakukan pada data kartu kredit, catatan, email, identitas pribadi hingga kata sandi penting yang dimiliki korban. 

"Segera Hapus Jika Kamu Menginstal Aplikasi Berbahaya Ini! . Sejumlah aplikasi berbahaya beredar di Play Store," tulis akun @CCICPolri dikutip (15/9/2022).

Lebih lanjut, aplikasi yang disusupi Malware tersebut, kebanyakan ada pada aplikasi dengan berkamuflase aplikasi GPS, editing hingga aplikasi yang menunjang aktivitas pengguna setiap harinya.

Dalam grafis yang diunggah @CCICPolri, bersumber dari zdnetdotcom, lebih dari dua juta pengguna Android telah mengunduh serangkaian aplikasi berbahaya yang berhasil melewati perlindungan keamanan pada Google Play. 

Setelah melakukan penginstalan, aplikasi mengunakan teknologi menyembunyikan diri dari pengguna agar tidak dihapus. Bekerja dibalik sistem, aplikasi tersebut akan menayangkan iklan berbahaya yang dapat ditautkan langsung kepada malware. 

Aplikasi yang sarat dengan Malware ini biasanya cukup bersih dalam melewati keamanan toko aplikasi. Karena mereka hanya terhubung ke server tempat Mereka menerima unduhan.

"Jika kamu telah mengunduh salah satu aplikasi, disarankan agar segera menemukan dan menghapusnya,"tulisnya dalam grafis.

Aplikasi berbahaya ini pun kini masih ada di Google Play. Bahkan aplikasi ini telah diunduh 100.000 pengguna. Pada aplikasi ini menyamarkan diri dengan mengubah label agar sulit ditemukan. Aplikasi tersebut Seperi yang telah dijelaskan sebelumnya, menayangkan iklan pop-up berbahaya dan menyatukan kepada laman web berbahaya.

Berikut 4 aplikasi berbahaya yang mengandung Malware :
1. GPS Location Maps.
2. Personlity Charging Show.
3. Image Wrap Camera.
4. Animated Sticker Finder.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru