Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Agama

Blood Moon, Fenomena Pertanda Kiamat Makin Dekat?

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Nurlayla Ratri

15 - Sep - 2022, 08:02

Ilustrasi blood moon (Pixabay)
Ilustrasi blood moon (Pixabay)

JATIMTIMES - Seringkali adanya kejadian aneh, dikait-kaitkan dengan kiamat. Seperti halnya kejadian Blood Moon yang juga kerap kali dikaitkan dengan tanda dekatnya dunia dengan kiamat. 

Lantas apakah fenomena alam tersebut benar merupakan tanda dekatnya dengan kiamat? 

Diolah dari Ensiklopedia Al Fatih, Kiamat merupakan hal yang pasti. Ditunggu maupun tak ditunggu, kiamat sudah pasti akan datang. 

Waktunya pun tak ada yang bisa menduga-duga. Allah SWT memang menunjukkan tanda-tanda kiamat melalui firman-Nya. 

"Tidaklah yang mereka tunggu-tunggu melainkan hari kiamat (yaitu) kedatangannya kepada mereka dengan tiba-tiba, karena sesungguhnya telah datang tanda-tandanya. Maka apakah faedahnya bagi mereka kesadaran itu apabila kiamat sudah datang?"(QS Muhammad 18).

Dipahami jika pertanda kiamat terdapat dua hal yakni pertanda kiamat kecil (asyrat shugra) dan tanda kiamat kubro (asyrat kubro). Kiamat shugra bisa berupa peristiwa luar biasa yang terjadi jauh sebelum kiamat. Seperti diutusnya Nabi SAW beserta mukjizatnya. 

Al Hafidz Ibnu Katsir mengatakan, diutusnya Rasulullah SAW memang termasuk tanda kiamat. Rasulullah merupakan nabi penghujung para rasul. Dengan beliau Allah menyempurnakan agama dan Allah tegakkan hujjah kepada alam. 

Rasulullah juga telah menyampaikan kepada seluruh umat akan tanda kiamat. Beliau juga jelaskan kejadian-kejadian yang belum dijelaskan nabi sebelumnya (Tafsir Ibnu Katsir 7/315).

Selain itu, dicabutnya ilmu, maraknya kebodohan di masyarakat, maraknya khmar, berlomba-lomba meninggikan gedung, banyak pembunuhan dan beberapa hal lainnya, menjadi tanda kiamat.

Mengenai Blood Moon, tentunya semua harus didasarkan kepada Dalil, Sunnah, Al-Qur'an, apakah merupakan tanda kiamat atau bukan. Blood Moon sendiri merupakan fenomena bulan berwarna kemerahan seperti darah saat terjadi gerhana bulan total.

Penjelasan yang berkaitan dengan kiamat adalah terbelahnya bulan. Hal itupun terjadi di zaman Nabi SAW.

Mukjizat beliau yang mempu membelah Al-Qur'an termasuk merupakan tanda kiamat. Dalam Al-Qur'an surah Al Qomar 1. “Telah dekat kiamat dan bulan telah terbelah.”

Sedang terkait blood moon, saat warna bulan menjadi kemerahan, belum diketahui sumbernya dalam Al-Qur'an maupun Sunnah yang shahih. 

Untuk itu, meskipun fenomena ini sering terjadi, maka diharapkan sebagai umat tidak mengkaitkan dengan kejadian kiamat. Wallahualam Bissawab. 


Topik

Agama


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Nurlayla Ratri