Viral, Aksi Wisatawan Asing Buat Video Kencing di Kawah Gunung Bromo

Sep 14, 2022 21:37
Tangkapan layar saat wisatawan asing tengah kencing di kawah Gunung Bromo.
Tangkapan layar saat wisatawan asing tengah kencing di kawah Gunung Bromo.

JATIMTIMES - Sebuah video dua orang turis tengah viral di media sosial, khususnya Instagram. Video itu viral lantaran di dalamnya terdapat hal yang tidak terpuji dilakukan di kawah Gunung Bromo. Yakni kencing di kawah Bromo.

Video itu pertama unggah oleh akun @hometown.earth. Namun, unggahan tersebut kini telah dihapus. Tetapi video tersebut kini telah tersebar di sosial media.

Aksi wisatawan asing yang tak terpuji itu terlihat jelas tengah buang air kecil alias mengencingi kawah Gunung Bromo. Turis tersebut mengenakan switer warna abu-abu dengan celana panjang hitam.

Rambutnya terikat dan di atas kepalanya terdapat kacamata. Dia juga mengenakan slingbag, dilengkapi dengan sneakers. 

Aksi bule tersebut pun menuai kecaman khususnya dari warga Suku Tengger. Bagaimana tidak, tempat tersebut merupakan tempat sakral bagi warga Suku Tengger karena kerap dilakukannya sejumlah ritual di Gunung Bromo. Salah satunya larung saji saat upacara Yadnya Kasada.

Awal mula video, terlihat sepasang wisatawan asing tengah menikmati momen liburan di Gunung Bromo. Keduanya merekam aktivitas liburan mulai dari berjalan di pinggir kawah, menyetir sepeda motor trail, hingga berlarian di atas pasir.

Sayangnya penghujung video itu malah dinodai dengan seorang turis pria mengencingi  kawah yang ada di Gunung Bromo.

Sementara itu, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS) menyayangkan aksi yang dilakukan bule tersebut. Sebab, aksi tersebut dinilai tidak etis.

 "Kami prihatin, kecewa dan menyayangkan atas kejadian atau perilaku yang dilakukan wisatawan tersebut. Selain tidak etis karena kencing di sembarang tempat, juga mencederai kesakralan lokasi yang dihormati oleh masyarakat Tengger," ungkap Kasubbag Data Evaluasi Pelaporan dan Humas BB-TNBTS Sarif Hidayat, Rabu (14/9/2022).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru