Kendalikan Kehilangan Air, Perumda Tugu Tirta Kota Malang Gelar Pelatihan NRW Angkatan ke-3

Sep 14, 2022 14:10
Direktur Utama Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang M Nor Muhlas saat membuka kegiatan pelatihan non revenue water (NRW) atau kehilangan air Angkatan ke-3, Selasa (13/9/2022). (Foto: Humas Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang)
Direktur Utama Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang M Nor Muhlas saat membuka kegiatan pelatihan non revenue water (NRW) atau kehilangan air Angkatan ke-3, Selasa (13/9/2022). (Foto: Humas Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang)

JATIMTIMES - Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tugu Tirta Kota Malang terus berupaya meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki. Salah satunya dengan menggelar pelatihan Non Revenue Water (NRW) atau air tidak berekening atau kehilangan air angkatan ke-3. 

Pasalnya, kemampuan SDM dam mengendalikan potensi kehilangan air merupakan salah satu kunci sukses kemajuan dari sebuah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Air Minum dalam hal ini Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang. 

Alasan itulah yang menginisiasi Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang kembali menggelar Inhouse Training atau pelatihan NRW Dasar bagi para pegawai. Pelatihan NRW angkatan ke-3 kali ini digelar di Same Hotel pada 13-15 September 2022.

"Wawasan dan pemahaman tentang NRW harus dikuatkan, salah satunya melalui kegiatan pelatihan seperti ini. Semua bisa kita pelajari, bisa kita tekuni, agar menjadi ilmu yang bermanfaat," ungkap Direktur Utama Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang M Nor Muhlas saat membuka kegiatan, Selasa (13/9/2022).

Peserta pelatihan NRW Dasar Angkatan ke-3.

Pihaknya meyakini, dengan digelarnya inhouse training ini dapat menjadi media berbagi pengetahuan dan pengalaman yang sangat berharga bagi seluruh pegawai Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang. 

Menurutnya, materi terkait NRW Dasar ini harus dipahami oleh seluruh pegawai Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang dari seluruh pegawai lintas bidang. Pasalnya terkait NRW atau air tidak berekening atau kehilangan air merupakan tanggungjawab bersama. 

Pihaknya menekankan, pelatihan semacam ini juga bertujuan untuk menyelaraskan visi dan pemahaman mulai dari level top management hingga seluruh stakeholder terkait. Hal ini akan berimplikasi positif dalam mengubah sistem distribusi berbasis NRW, dari hulu sampai hilir.

Beruntungnya, Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang bisa menggelar pelatihan secara mandiri karena memiliki para trainer yang sudah teruji, bersertifikat serta mempunyai pengalaman di tingkat regional hingga tingkat nasional.

Trainer-trainer andalan Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang sangat berkompeten dan telah rutin mengisi pelatihan ke berbagai daerah di Indonesia. Mereka dipercaya melakukan pendampingan ke banyak PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum), serta menjadi narasumber jujugan ketika ada kunjungan lapangan ke Kota Malang.

Sementara itu, Muhlas berharap dengan digelarnya pelatihan NRW Dasar Angkatan ke-3 ini dapat memberikan ilmu yang bermanfaat untuk mengendalikan potensi kehilangan air. 

"Harapannya, seluruh elemen di Perumda Tugu Tirta selalu memiliki solusi untuk meminimalisir problem NRW di segala situasi. Sehingga pegawai paham tentang cara identifikasi masalah hingga upaya-upaya apa saja yang harus dilakukan," tutup Muhlas. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru