Hasil Penyidikan Sementara, Kebakaran Pasar Singosari Diduga karena Korsleting Listrik

Sep 13, 2022 20:26
Petugas pemadam kebakaran saat melakukan pembasahan guna mengantisipasi adanya kebakaran susulan di sebuah warkop Pasar Singosari. (Foto : Damkar Kabupaten Malang for Jatim TIMES)
Petugas pemadam kebakaran saat melakukan pembasahan guna mengantisipasi adanya kebakaran susulan di sebuah warkop Pasar Singosari. (Foto : Damkar Kabupaten Malang for Jatim TIMES)

JATIMTIMES - Polres Malang beserta Polsek jajaran masih mendalami kasus kebakaran di sebuah bedak warung kopi (warkop) di wilayah Pasar Singosari, Senin (12/9/2022) malam.

Dari hasil penyidikan sementara, polisi menduga jika kebakaran terjadi karena korsleting instalasi listrik. 

"Dugaan sementara untuk kebakaran itu (di wilayah Pasar Singosari) berasal dari instalasi listrik yang berada di sebuah bedak warung kopi," kata Kasi Humas Polres Malang IPTU Ahmad Taufik Syafiudin saat dikonfirmasi awak media, Rabu (13/9/2022).

Diduga, lanjut Taufik, akibat adanya korsleting instalasi listrik membuat api menjalar ke beberapa bedak yang ada di sekitarnya. 

"Jadi awal mula di warung itu, kemudian merembet ke toko yang ada di sebelahnya," jelasnya.

Guna memastikan penyebab pasti dari insiden kebakaran itu, Polres Malang bakal melibatkan anggota Polsek Singosari dan tim Laboratorium Forensik (Labfor) untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut.

"Tapi informasi sementara yang kami dapat, sumber api berasal dari instalasi listrik, karena titik api diduga dari sana. Tapi untuk memastikannya, kami masih melakukan penyidikan lebih lanjut," imbuhnya.

Ketika kebakaran, petugas gabungan dari Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Malang langsung diterjunkan ke lokasi kejadian untuk melakukan pemadaman. Sesaat setelah api berhasil dipadamkan, jajaran kepolisian dari Polsek Singosari dan Polres Malang langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di lokasi.

"Korban jiwa nihil. Tapi untuk total kerugian masih belum bisa diperkirakan. Yang jelas ada sekitar lima kios bedak yang terdampak atau terjadi kebakaran," tukasnya.

Seperti yang sudah diberitakan, insiden kebakaran di wilayah Pasar Singosari tersebut terjadi sekitar pukul 18.00 WIB. Saat itu sedikitnya ada tiga unit mobil pemadam kebakaran dari Damkar Kabupaten Malang yang dikerahkan untuk memadamkan api.

Sekitar dua jam kemudian, petugas Damkar Kabupaten Malang dan dibantu anggota polisi, koramil, beserta warga berhasil memadamkan api.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru