Masuki Tahun Kedelapan, Semakin Banyak Masyarakat yang Rasakan Manfaat Program JKN BPJS Kesehatan

Sep 13, 2022 17:52
Pegawai dari BPJS Kesehatan saat memberikan arahan dan informasi kepada peserta Program JKN, Jumat (9/9/2022). (Foto: Humas BPJS Kesehatan Cabang Malang)
Pegawai dari BPJS Kesehatan saat memberikan arahan dan informasi kepada peserta Program JKN, Jumat (9/9/2022). (Foto: Humas BPJS Kesehatan Cabang Malang)

JATIMTIMES - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan telah memasuki tahun kedelapan dalam memberikan pelayanan fasilitas kesehatan bagi masyarakat yang tergabung dalam peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). 

Dengan telah memasuki tahun kedelapan, semakin banyak masyarakat yang merasakan manfaat menjadi peserta Program JKN yang difasilitasi oleh BPJS Kesehatan. Salah satunya peserta Program JKN bernama Ita Rosita (34). 

Ita yang berprofesi sebagai pekerja swasta ini mengaku sangat terbantu dengan adanya Program JKN yang dijalankan oleh BPJS Kesehatan dengan asas gotong royong tersebut.

"Saya merasa sangat terbantu dengan Program JKN ini. Apalagi di saat putra saya lima kali masuk rumah sakit dan harus melakukan terapi rutin dua kali dalam seminggu sejak umur tiga tahun sampai saat ini sudah enam tahun," ujar Ita. 

Ita terdaftar menjadi peserta Program JKN sejak tahun 2015. Selama tujuh tahun kepesertaan tersebut, dirinya memanfaatkan pelayanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL). Di mana selama ia memanfaatkan fasilitas yang ada, tidak pernah terdapat tambahan biaya dan tidak terdapat perbedaan dalam pelayanan yang diberikan.

"Selama tujuh tahun menjadi peserta JKN ini, kami pernah memanfaatkan Program JKN untuk rawat inap, kontrol dan evaluasi rutin, rehab medik untuk terapi anak saya, dan itu semua Alhamdulillah tidak pernah ada biaya tambahan," jelas Ita. 

Dirinya mengajak masyarakat yang belum menjadi peserta Program JKN untuk segera mendaftarkan diri dan keluarga dalam Program JKN. Di mana hal itu dilakukan sebagai upaya untuk proteksi diri. 

"Pesan saya kepada masyarakat yang belum menjadi peserta JKN untuk segera mendaftarkan diri anda dan keluarga, serta dapatkan manfaatnya saat ini hingga seterusnya," kata Ita. 

Lebih lanjut, atas fasilitas layanan kesehatan yang telah diberikan, Ita juga mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan atas perannya dalam memberikan jaminan kesehatan kepada seluruh penduduk Indonesia.

"Saya ucapkan juga terima kasih untuk BPJS Kesehatan, semoga semakin bagus kualitas pelayanannya, yang sudah bagus saat ini bisa lebih bagus lagi, dan dapat menjangkau keseluruhan masyarakat Indonesia," tandas Ita.

Sementara itu, Kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Malang, Wenan Setyo Nugroho mengungkapkan bahwa masyarakat tidak perlu ragu untuk memanfaatkan Program JKN sebaik-baiknya.

"Pada FKRTL semua tindakan medis spesialistik, baik bedah maupun non bedah dijamin dengan catatan sesuai dengan indikasi medis dan prosedur yang berlaku. Apabila ada kendala dalam pelayanan, bisa menghubungi BPJS Kesehatan Call Center 165 atau menghubungi petugas BPJS SATU!  yang ditunjuk di masing-masing rumah sakit," pungkas Wenan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru