Sakit Hati Atas Ucapan Politisi PDIP, Prajurit TNI Geram dan Tuntut Permintaan Maaf Terbuka Effendi Simbolon  

Sep 13, 2022 16:30
Dandim 0623 Cilegon bersama para anggotanya mengecam dan menuntut permintaan maaf Effendi Simbolon (Ist)
Dandim 0623 Cilegon bersama para anggotanya mengecam dan menuntut permintaan maaf Effendi Simbolon (Ist)

JATIMTIMES - Ucapan yang dilontarkan politikus PDI Perjuangan, Effendi Simbolon dalam Rapat Kerja Anggaran di Gedung DPR (5/9/2022) bersama TNI dan Kementerian Pertahanan berbuntut panjang.

Untuk diketahui, dalam rapat tersebut, Effendi sempat menyebut jika TNI layaknya gerombolan, lebih-lebih ormas. selain itu, Effendi juga menyampaikan dugaan disharmoni antara Panglima TNI dan KSAD. Hal itupun kemudian memantik reaksi para prajurit TNI. Mereka geram atas ucapan Effendi.

Banyak kecaman dari prajurit TNI atas ucapan Simbolon tersebut. Mereka meminta Effendi Simbolon untuk segera mengklarifikasi dan menyampaikan permohonan maaf secara terbuka.

Seperti adanya sebuah video yang beredar melalui media sosial. Tampak puluhan TNI berseragam berjajar dan menyampaikan rasa tidak terimanya atas ucapan Effendi Simbolon. 

1

"Hai Effendi Simbolon, apa maksud ucapan saudara mengatakan TNI seperti gerombolan, lebih-lebih ormas. Kami tidak terima, TNI tetap solid. Kami tunggu klarifikasi anda, bravo TNI," kata para anggota TNI dalam video yang belum diketahui asal kesatuannya.

Bukan hanya itu saja, Komandan Kodim (Dandim) 0623 Cilegon, Letkol Inf Ary Widyo Prasetyo, juga bereaksi keras atas ucapan Effendi Simbolon. Video pernyataan Dandim 0623 Cilegon bersama para anggotanya itu pun tersebar di media sosial. Pihaknya juga tampak menggebu saat menyampaikan keresahan para prajurit TNI itu. Dari ekspresinya, pihaknya benar-benar geram atas ucapan Effendi Simbolon.

"Dari ujung barat pulau Jawa, kami dengar omonganmu Effendi Simbolon. Kau bilang pimpinan kami panglima TNI, KSAD tidak harmonis, kau bilang TNI gerombolan seperti ormas, kami tidak terima!," kata Dandim dengan menggebu.

Pernyataan Effendi Simbolon dikatakan Dandim telah melukai hati para prajurit TNI. Pihaknya juga menganggap lontaran kata yang diucapkan Effendi Simbolon juga mengadu domba TNI. 

"Kau Effendi Simbolon melukai kami prajurit TNI. Kau adu domba pimpinan kami, kau adu domba TNI. Kami prajurit Kodim 0623 Cilegon sakit hati," katanya.

Dandim juga menyampaikan telah mengabdi penuh untuk NKRI, bahkan bekerja 24 selama 7 hari. Untuk itu, iapun mengecam Effendi Simbolon yang mengatakan TNI seperti gerombolan.

"Sungguh menyakitkan Effendi Simbolon. Saya Dandim 0623 Cilegon bersama seluruh prajurit, PNS dan keluarga besar Kodim 0623 Cilegon tidak terima ucapanmu. Kami di sini dari unsur paling rendah sampai paling tinggi, kami kompak dan solid. Jangan kau ganggu-ganggu kami, jangan kau rusak dengan omonganmu itu. Kami tunggu permintaan maaf kami secar terbuka," tegas Dandim dengan ekspresi yang begitu geram dan sempat menggebrak meja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru