Jaringan Pipa Bocor, Pasokan Air di Kepanjen Terkendala

Sep 12, 2022 17:50
Kondisi pipa milik Perumda Tirta Kanjuruhan yang bocor akibat pembangunan drainase di Kepanjen. (Foto : Perumda Tirta Kanjuruhan Unit Kepanjen for Jatim TIMES)
Kondisi pipa milik Perumda Tirta Kanjuruhan yang bocor akibat pembangunan drainase di Kepanjen. (Foto : Perumda Tirta Kanjuruhan Unit Kepanjen for Jatim TIMES)

JATIMTIMES - Pipa saluran air milik Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Kanjuruhan di Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang bocor, Senin (12/9/2022). Akibatnya, pasokan air di dua desa terdampak akibat kejadian tersebut.

Dari pengamatan Jatim Times, semburan dari kebocoran pipa tersebut mencapai ketinggian kurang lebih dua meter. Petugas yang melakukan perbaikan pipa, terpaksa melakukan pembatasan jalan hingga separo badan aspal.

Akibatnya, akses lalu lintas di sekitar lokasi kejadian, tepatnya di Jalan Raya Sukoraharjo macet. Kepala Unit Perumda Tirta Kanjuruhan Unit Kepanjen Rudi Anto menuturkan, penyebab dari bocornya jaringan pipa karena tergerus alat berat saat pembangunan drainase yang berlangsung pada Senin (12/9/2022).

"(Penyebab kebocoran pipa) karena pembuatan drainase. Terus kena jaringan pipa pada saat memutus jalan, sehingga pipa kita terpotong," kata Rudi kepada JatimTIMES.com.

Pihaknya menambahkan, jaringan pipa yang bocor akibat pembangunan drainase tersebut mencapai kurang lebih tiga meter. 

"Pipanya putus sekitar tiga meter, saat ini sedang kita sambung," imbuhnya.

Sementara itu, hingga Senin (12/9/2022) sore, pasokan air di dua desa dikabarkan terkendala lantaran adanya perbaikan jaringan pipa yang bocor tersebut. 

"Untuk sementara aliran air di daerah Sukoraharjo dan Curungrejo, Kecamatan Kepanjen mati," timpal Rudi.

Guna memaksimalkan proses perbaikan, lanjut Rudi, pihaknya telah berkoordinasi dengan beberapa pihak terkait. Salah satunya dengan pelaksana pembuatan drainase.

"Saya juga sudah berkoordinasi sama Bina Marga, tinggal perbaikan saja. Jadi sudah ditangani, teman-teman juga sudah di lokasi (untuk perbaikan)," tutur Rudi.

Di sisi lain, Rudi mengaku sudah menyampaikan informasi akan bocornya jaringan pipa tersebut ke beberapa warga Kepanjen. Khususnya kepada para warga yang terdampak yakni di Desa Sukoraharjo dan Curungrejo, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang.

"Di beberapa group Kecamatan Kepanjen sudah kami bagi informasinya, mohon maaf atas ketidaknyamanannya," tukasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru