Bagaimana Hukumnya Jika tidak Mau Menikah sebelum Mapan, Dosakah?

Sep 12, 2022 07:21
Tidak mau menikah sebelum punya pekerjaan yang jelas, Buya Yahya menjawab harus di segerakan (foto hasil sceeenshot Instagram @buyayahya_albahjah)
Tidak mau menikah sebelum punya pekerjaan yang jelas, Buya Yahya menjawab harus di segerakan (foto hasil sceeenshot Instagram @buyayahya_albahjah)

JATIMTIMES - Di saat seseorang sudah masuk di fase berpacaran maka orang itu secara tidak langsung mengikat dirinya dalam sebuah pilihan, pilhan tersebut antara dia milikku atau bukan.

Seperti dketahui, berpacaran di dalam Islam sangatlah dilarang karena pacaran bisa mendekatkan pada zina.

Dijelaskan oleh Buya Yahya bahwa jika sudah terlanjur memiliki pacar, maka segerakanlah untuk menghalalkannya.

"Jika sudah terlanjur berpacaran, di sini saya bukan bermaksud memperbolehkan pacaran tapi karena sudah terlanjur jadi cepat dinikahkan, halalkan jika terlalu lama takutnya terjadi zina," jelas Buya.

Lebih lanjut Buya menegaskan bahwa jika sudah memiliki pacar dan keduanya sama-sama baik maka segerakanlah untuk menikah. Untuk rezeki, insya Allah akan terbuka setelah terbinanya rumah tangga yang diridhoi oleh Allah SWT.

"Disegerakan menikah, jangan terlalu lama kalau sama-sama baik, untuk rezeki insya Allah akan terbuka sendiri nantinya," tegas Buya.

Belum mau menikah karena belum ada pekerjaan yang tetap sebenarnya tidak dosa, dalam catatan kamu belum mencintai siapapun atau belum memiliki ikatan atau pun pacar.

Yang dosa itu ketika memiliki pacar dan belum mau menghalalkannya. Karena dalam proses penantian menunggu halal ini yang dikhawatirkan merujuk pada sebuah kemaksiatan atau zina.

Untuk itu, Buya mengimbau agar jika anak-anak sudah mulai memiliki pacar, sebagai orang tua harus menasehati dan menyuruh agar menyegerakan untuk menikah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru