Dinkes Kota Malang Kerahkan 210 Pegawai, Usung Tema Germas di Karnaval Kota Malang

Sep 11, 2022 21:29
Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Muarif (berbaju putih) mendampingi Wali Kota Malang Sutiaji bersama Wakil Walikota Malang Sofyan Edi Jarwoko untuk flashmob senam germas di acara Pesta Budaya Nusantara Karnaval Kota Malang, Minggu (11/9/2022). (Foto: Dok. JatimTIMES)
Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Muarif (berbaju putih) mendampingi Wali Kota Malang Sutiaji bersama Wakil Walikota Malang Sofyan Edi Jarwoko untuk flashmob senam germas di acara Pesta Budaya Nusantara Karnaval Kota Malang, Minggu (11/9/2022). (Foto: Dok. JatimTIMES)

JATIMTIMES- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang turut menyemarakkan acara pesta budaya Nusantara bertajuk "Karnaval Kota Malang, Bangkit Bermartabat" dengan mengerahkan 210 pegawai. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Muarif mengatakan, sebanyak 210 pegawai maupun tenaga kesehatan (nakes) berasal dari Puskesmas, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Malang dan Dinas Kesehatan. 

Pada karnaval pesta budaya Nusantara Karnaval Kota Malang tersebut, Dinas Kesehatan mengusung tema Gerakan Kesehatan Masyarakat atau Germas. Delegasi dari Dinkes Kota Malang yang mengenakan kostum baju adat dari berbagai daerah di Indonesia ini juga memberikan edukasi terkait Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS) melalui pengerss suara. 

Mantan Ditektur Utama RSuD Kota Malang ini menuturkan, bahwa tujuan Dinas Kesehatan mengusung tema Germas dalam Karnaval Kota Malang Bangkit Bermartabat untuk memberikan edukasi secara langsung kepada seluruh elemen masyarakat. 

"Tujuannya mengajak dari diri kita sendiri untuk bisa berperilaku hidup bersih dan sehat. Kedua, memberikan edukasi ataupun wawasan kepada masyarakat yang sekalipun saat ini kondisi Covid relatif landai namun tidak melupakan adanya protokol kesehatan," ujar Husnul. 

Senam Germas.

Oleh karena itu, di panggung Jalan Semeru, peserta kirab budaya nusantara dari Dinas Kesehatan Kota Malang dengan memanfaatkan waktu yang ada menampilkan flashmob senam enam gerakan Senam Germas. 

Di mana dalam flashmob Senam Germas tersebut, Wali Kota Malang Sutiaji, Ketua TP PKK Kota Malang Widayati Sutiaji, Wakil Walikota Malang Sofyan Edi Jarwoko, Wakil Ketua I TP PKK Kota Malang Elly Sofyan Edi, serta Sekretaris Daerah Kota Malang Erik Setyo Santoso turut serta melakukan flashmob Senam Germas. 

"Di rangkaian tadi ada Senam enam gerakan. Alhamdulillah pak walikota, bu walikota, pak wawali, bu wawali dan juga pak sekda, bu sekda ikut dalam senam cuci tangan ini," tutur Husnul. 

Selain itu, kegiatan Karnaval Kota Malang Bangkit Bermartabat ini merupakan puncak dari peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 tahun. Di mana sebelumnya juga digelar lomba tradisional, paduan suara, hingga senam seger. Para pegawai dari Dinas Kesehatan Kota Malang pun sangat antusias seperti dalam mengikuti kegiatan Karnaval Kota Malang ini. 

Pihaknya pun berharap, semoga pandemi yang berlangsung sejak Maret 2020 hingga saat ini secara perlahan dapat bergeser menjadi endemi. Sehingga kegiatan sosial, keagamaan, pendidikan dan lain-lain bisa dilaksanakan.

"Tentu dengan tidak meninggalkan protokol kesehatan. Harapan kita di tahun yang akan datang bisa dilaksanakan lagi, sehingga bisa memberikan edukasi kepada masyarakat secara langsung," pungkas Husnul. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru