Dinkes Kabupaten Malang Manfaatkan Kegiatan Salat Subuh Berjemaah untuk Deteksi Dini PTM

Sep 11, 2022 20:01
Bupati Malang HM. Sanusi saat meninjau pelaksanaan layanan kesehatan gratis.(Foto: Istimewa)
Bupati Malang HM. Sanusi saat meninjau pelaksanaan layanan kesehatan gratis.(Foto: Istimewa)

JATIMTIMES- Kegiatan salat Subuh berjemaah yang diinisiasi oleh Bupati Malang, HM. Sanusi terbukti membawa banyak manfaat. Apalagi dalam kegiatan yang dilakukan dengan berkeliling dari masjid ke masjid yang ada di Kabupaten Malang setiap Minggu ini juga engajak seluruh jajaran organisasi perangkat daerah (OPD).

Salah satunya dimanfaatkan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang. Dalam setiap kegiatan saolat subuh berjemaah tersebut, Dinkes Kabupaten Malang juga menggelar pemeriksaan kesehatan gratis. Termasuk di dalamnya, juga untuk melakukam deteksi dini pada penyakit tidak menular (PTM).

Plt Kepala Dinkes Kabupaten Malang, Mursyidah, menyampaikan bahwa pihaknya sengaja menyediakan cek kesehatan untuk seluruh jamaah shalat subuh. Yang ingin mengetahui kondisi kesehatan masing-masing.

"Ya, kami sediakan cek kesehatan untuk masyarakat. Pemeriksaan ini, dilakukan untuk mendeteksi dini terkait penyakit tidak menular (PTM). Seperti halnya, tekanan darah, kolesterol, dan lain sebagainya," ujar Mursyidah.

Dirinya juga menjelaskan, selama pemeriksaan berlangsung, tidak ditemukan kendala yang berarti dalam mengontrol kesehatan jamaah subuh. Namun demikian, dirinya berharap masyarakat bisa memanfaatkan layanan gratis tersebut.  

"Tidak ada kendala. Kami berharap, masyarakat hendaknya bisa memanfaatkan kesempatan itu dengan  mengontrol kesehatan secara berkala. Tentunya, jangan lupa istirahat yang cukup dan makan makanan yang bergizi, agar kondisi kesehatan tetap prima," terangnya.

Sementara itu, selain pelayanan kesehatan gratis, Bupati Sanusi biasanya juga membuka ruang dialog bersama jamaah yang hadir dalam kegiatan tersebut. Hal tersebut dimaksudkan untuk dapat menyerap aspirasi yang mungkin dimiliki masyarakat. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru