Ciamik, Mahasiswa Ini Buat Daun Kelor dan Mangkokan Jadi Permen Vitamin Rambut

Sep 11, 2022 19:56
Permen vitamin rambut inovasi mahasiswa FTP UB (Ist)
Permen vitamin rambut inovasi mahasiswa FTP UB (Ist)

JATIMTMES - Rambut menjadi salah satu aspek penting bagi manusia dalam menunjang penampilan. Untuk itu, kesehatan rambut banyak menjadi perhatian. Melihat kebutuhan itu, muncul sebuah inovasi menarik dari Mahasiswa Fakultas Pertanian UB. Inovasi tersebut, yakni dengan membuat sebuah permen vitamin untuk rambut berbahan dasar daun mangkokan dan daun kelor.

Inovasi yang dikembangkan oleh lima mahasiswa, yakni Anita Sekar Kusumastuti selaku ketua tim, Komang Winda Saraswanti, Nabilla Aryanti, Sania Azmi Aniqoh, dan Rachmad Pratama Fauzi ini dinamai GumGum Hair.

GumGum Hair, merupakan inovasi vitamin untuk mempertahankan rambut tetap sehat berkilau walau di tengah padatnya aktivitas seseorang. Vitamin gummy ini, mengandung zat besi, Vitamin B1, Vitamin C, dan Zinc, nutrisi-nutrisi ini berperan dalam membantu produksi hormon-hormon yang penting untuk kesehatan rambut.

1

Anita selaku Ketua Tim menyampaikan, dipilihnya daun mangkokan dan kelor sebagai bahan untuk pembuatan vitamin ini, karena dua jenis tanaman itu memiliki zat dalam golongan saponin, alkaloid, asetilena, diterpenoid, triterpenoid, panaksosida, Vitamin A, B, C, D, E, minyak atsiri, dan emetin.

"Ketika di konsumsi, juga mengandung banyak manfaat. Seperti diuretik, obat batu ginjal, melancarkan darah, antiinflamasi," jelasnya.

Dalam Daun Mangkokan, juga terdapat kandungan alkaloid yang mampu dan memberikan manfaat untuk memperbesar tangkai rambut. Hal ini tentunya akan mempermudah dalam suplai zat makanan yang memberikan nutrisi kepada rambut. Dampaknya, rambut akan lebih sehat dan bebas dari kebotakan.

Saat ini, produk inovasi para mahasiswa tersebut, telah dipasarkan. Produk GumGum Hair dikemas dalam dua jenis kemasan, yaitu pouch dengan isi 30 pcs dengan harga Rp 28.000 per pouch dan pengemasan botol vitamin diisi dengan 60 pcs permen dengan harga Rp 40.000.

Produk ini masih dipasarkan secara online. Termasuk juga dapat diantar dilokasi di wilayah Kota Malang dengan Cash On Delivery (CoD)," pungkasnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru