Diguyur Hujan Deras, Tiga Rumah di Dampit Tergerus Longsor

Sep 11, 2022 19:27
Kondisi salah satu rumah warga paska insiden tanah longsor yang terjadi di Kecamatan Dampit. (Foto : BPBD Kabupaten Malang for Jatim TIMES)
Kondisi salah satu rumah warga paska insiden tanah longsor yang terjadi di Kecamatan Dampit. (Foto : BPBD Kabupaten Malang for Jatim TIMES)

JATIMTIMES - Musibah tanah longsor terjadi di dua dusun yang ada di Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, Minggu (11/9/2022). Berdasarkan laporan yang dihimpun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, tercatat sedikitnya ada tiga rumah warga yang terdampak akibat musibah longsor tersebut.

Kepala BPBD Kabupaten Malang Muhammad Nur Fuad Fauzi menjelaskan, dari tiga rumah yang terdampak tanah longsor, dua di antaranya terjadi di Dusun Panggungrejo, Desa Baturetno, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang.

Sedangkan satu rumah warga lainnya yang juga terdampak tanah longsor terjadi di Dusun Purwosari, Desa Srimulyo, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang. "Tidak ada korban jiwa akibat peristiwa longsor di Kecamatan Dampit, hanya kerugian material saja," ungkap Kepala BPBD Kabupaten Malang.

Kepada Jatim Times, Fuad menjelaskan, peristiwa tanah longsor di Kecamatan Dampit disebabkan karena intensitas curah hujan yang tinggi. Diketahui, hujan deras di Kecamatan Dampit terjadi sejak Sabtu (10/9/2022) petang.

"Hujan dengan intensitas tinggi terjadi di wilayah Kecamatan Dampit mulai tanggal 10 September 2022 sekitar pukul 18.00 WIB, hingga Minggu (11/9/2022) pagi," terangnya.

Hingga akhirnya, lanjut Fuad, sebelum hujan reda tepatnya saat memasuki waktu subuh, intensitas curah hujan yang tinggi memicu terjadinya longsor di dua dusun yang ada di Kecamatan Dampit.

"Informasinya longsor terjadi sekitar pukul 05.00 WIB, akibatnya tiga rumah warga tertimbun material longsor," imbuhnya.

Sekedar informasi, tingginya curah hujan juga mengakibatkan beberapa bencana di Kabupaten Malang. Selain menimpa tiga rumah warga di Kecamatan Dampit. Akses jalan penghubung antara Desa Lebakharjo dan Desa Purwoharjo Kecamatan Ampelgading juga sempat lumpuh total akibat tertimpa pohon dan material tanah longsor.

Di sisi lain, 28 rumah warga yang ada di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang juga tergenang air. Genangan air yang terjadi di Desa Sitiarjo tersebut, disebabkan karena Sungai Panguluran yang ada di Desa Sumberagung dan Kedung Banteng meluap.

Sejauh ini, dikabarkan tidak ada korban jiwa yang disebabkan karena longsor maupun genangan air. Sesaat setelah musibah terjadi di beberapa wilayah Kabupaten Malang, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Malang, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Malang, hingga para relawan terpantau menuju ke lokasi kejadian guna melakukan evakuasi dan pembersihan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru