Sekjen PAN Eddy Soeparno: Gus Lukman Banyak Membantu Saya

Sep 10, 2022 20:29
Sekretaris Jenderal DPP PAN Eddy Soeparno didampingi Bendahara DPD PAN Kota Malang Pujianto saat hadir di dalam acara Haul Ke-5 Gus Lukman di Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh Malang, Sabtu (10/9/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Sekretaris Jenderal DPP PAN Eddy Soeparno didampingi Bendahara DPD PAN Kota Malang Pujianto saat hadir di dalam acara Haul Ke-5 Gus Lukman di Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh Malang, Sabtu (10/9/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Sekretaris Jenderal DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno menghadiri acara Haul Ke-5 KH Lukman Al-Karim bin Abdullah Fattah atau yang akrab disapa Gus Lukman di Pondok Pesantren (Ponpes) Bahrul Maghfiroh Malang. 

Eddy yang saat ini duduk menjadi wakil ketua Komisi VII DPR RI mengatakan, kehadirannya di acara Haul Ke-5 Gus Lukman di Ponpes Bahrul Maghfiroh dalam kapasitas pribadi dan sebagai santri Gus Lukman. 

"Saya sejak tahun 2005 sudah menjadi santrinya Gus Lukman. (Gus Lukman) sudah banyak membantu kita, banyak juga membantu para santri untuk menjadi kader dan caleg PAN," ungkap Eddy kepada JatimTIMES.com, Sabtu (10/9/2022). 

Eddy juga mengenalkan Pujianto yang merupakan anggota DPRD Kota Malang sekaligus bendahara DPD PAN Kota Malang sebagai santri Gus Lukman. 

Alumnus Fakultas Hukum Universitas Indonesia ini menyampaikan, kehadirannya di Ponpes Bahrul Maghfiroh Malang juga sebagai perwujudan untuk menghormati jasa-jasa guru dan alim ulama yang telah memberikan banyak ilmu serta manfaat bagi banyak orang. 

"Ini merupakan fondasi dari Partai Amanat Nasional dan kita sebagai partai religius selalu mengedepankan asas-asas agama dan menghormati ulama-ulama," ujar Eddy. 

Menurut Eddy, Gus Lukman merupakan sosok guru yang bisa menjadi seorang kakak, sahabat, bahkan teman curhat berbagai masalah yang dihadapi. Meskipun Gus Lukman telah pergi untuk selama-lamanya, dirinya terus menjalin komunikasi dengan pengasuh Ponpes Bahrul Maghfiroh Malang saat ini, yakni Prof KH Mohammad Bisri yang tak lain kakak Gus Lukman. 

Sementara itu, dirinya pun masih teringat salah satu pesan yang disampaikan oleh Gus Lukman. Yakni agama itu harus dinikmati untuk dijalankan sehingga dalam menjalankan ajaran Islam dapat dengan ikhlas. 

"Dan itu menjadi salah satu yang kami hayati, sehingga sampai hari ini apa pun yang kita laksanakan, agama, ibadahnya, amalnya dan lain-lain kami laksanakan dengan ringan hati, kami nikmati dengan sepenuhnya," tutur politisi PAN kelahiran 57 tahun silam itu. 

Lebih lanjut, acara Haul Ke-5 Gus Lukman ini berjalan dengan baik, lancar dan semarak. Hal itu juga terbukti dengan hadirnya lebih dari 1.000 jamaah yang memadati Ponpes Bahrul Maghfiroh. Dirinya pun berharap agar acara serupa dapat terus digelar setiap tahunnya untuk mengenang kebaikan-kebaikan dan mendoakan Gus Lukman. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru