Gandeng Aremania, Polres Malang Siapkan 2 Mekanisme Pengamanan Jelang Laga Arema vs Persib

Sep 10, 2022 15:26
Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat (tengah) saat menyampaikan kepada awak media terkait kesiapan pengamanan pertandingan Arema FC vs Persib Bandung. (Foto : Humas Polres Malang for JatimTIMES)
Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat (tengah) saat menyampaikan kepada awak media terkait kesiapan pengamanan pertandingan Arema FC vs Persib Bandung. (Foto : Humas Polres Malang for JatimTIMES)

JATIMTIMES - Polres Malang mengaku siap menyambut suporter sekaligus mengamankan laga big match antara Arema FC melawan Persib Bandung, Minggu (11/9/2022).

Bahkan, Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat mengaku sudah mempersiapkan setidaknya dua mekanisme pengamanan saat menyambut Persib Bandung dan suporter Bobotoh maupun Viking.

Dua mekanisme pengamanan yang dipersiapkan Polres Malang, dijelaskan Ferli, yakni pengamanan selayaknya laga selain big match hingga pengamanan super ketat. Namun demikian, mekanisme mana yang akan diterapkan masih menunggu situasi di lapangan jelang laga berlangsung.

"Terkait pengamanannya seperti apa kita (Polres Malang) nanti akan melihat sampai dinamika yang terjadi pada H-1 sebelum pertandingan. Pengamanannya akan kami sesuaikan dengan kondisi seperti apa situasi di lapangan," jelas Ferli.

Jika situasinya relatif aman, lanjut Ferli, maka mekanisme pengamanan opsi pertama yang akan dilakukan. Yakni pengamanan terhadap para suporter dan tim tamu yaitu Persib Bandung, akan sama seperti saat Arema FC menjamu tim lain pada umumnya.

"Kalau memang situasinya masih memungkinkan, maka kita perlakukan (pengamanan) sama seperti tim lain yang bertandang ke Stadion Kanjuruhan," jelasnya.

Namun, apabila situasi tidak memungkinkan, maka Polres Malang akan menerapkan pengamanan extra ketat. Yakni mulai dari persiapan, pemberangkatan, hingga tiba di Stadion Kanjuruhan para suporter maupun tim Maung Bandung bakal di kawal oleh petugas gabungan dari kepolisian.

"Tapi kalau memang masih ada potensi kerawanan, tentu pengamanannya akan berbeda, akan kita pertebal. Termasuk saat Persib datang," tuturnya.

Selain menerjunkan sebanyak 1.996 personel kepolisian, perwira polisi dengan pangkat dua melati ini juga mengaku sudah beekoordinasi dengan suporter tim berjuluk Singo Edan, yakni Aremania.

Nantinya, salah satu basis suporter terbanyak di Liga 1 Indonesia ini, bakal dilibatkan dalam pengawalan kedatangan para suporter Persib Bandung, yakni Bobotoh maupun Viking.

"Betul, termasuk suporter Persib juga akan ada pengawalan khusus. Nanti dari Aremania sendiri yang akan mengawal dan tentunya akan dibantu dari Polres Malang," tukasnya.

Sekedar informasi, dari kesepakatan kedua belah pihak baik tim maupun suporter dari Arema FC dan Persib Bandung, setuju jika pada laga yang digelar di Stadion Kanjuruhan tersebut bakal disediakan 500 tiket bagi pendukung Maung Bandung.

Hal ini tentunya bisa menjadi sejarah baru perdamaian suporter di Liga 1 Indonesia. Sebab, seperti yang sudah diketahui, selama ini Arema FC dan Persib Bandung memang memiliki rivalitas tinggi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru