Lebih Baik Makan sebelum atau sesudah Olahraga?, Simak Penjelasan Ahli Gizi RSI Unisma

Sep 09, 2022 19:11
Kepala Instalasi Gizi RSI Unisma, Nur Widyaning R S.Gz (Ist)
Kepala Instalasi Gizi RSI Unisma, Nur Widyaning R S.Gz (Ist)

JATIMTIMES - Masyarakat terkadang masih bingung, apakah sebelum melakukan kegiatan olahraga harus makan terlebih dahulu atau sebaliknya, berolahraga dahulu baru kemudian makan. Namun tak usah bingung, Ahli Gizi Rumah Sakit Islam (RSI) Unisma Malang memberikan pencerahan bagai kalian yang masih bingung akan hal tersebut.

Kepala Instalasi Gizi RSI Unisma, Nur Widyaning R S.Gz menyampaikan, makan terlebih dahulu atau sesudah olahraga baru mengkonsumsi makanan adalah sama baiknya. Akan tetapi, hal tersebut tergantung dengan jenis makanan yang dikonsumsi.

"Keduanya sama baiknya, asalkan tetap memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi," jelasnya.

Satu sampai dua jam sebelum berolahraga, dapat mengkonsumsi makanan dengan kandungan rendah lemak maupun kandungan rendah kalori. Makanan yang bisa dikonsumsi diantaranya, Yogurt rendah lemak, jus buah ataupun outmeal.

"Makanan ini bisa digunakan sebagai cadangan energi sewaktu berolahraga," terangnya.

Lebih lanjut, dijelaskan Widya, sapaan akrabnya, 15 sampai 20 menit setelah berolahraga, maka dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan protein.

"Makanan yang berprotein ini membantu memperbaiki jaringan otot yang rusak selama berolahraga," paparnya.

Setelah berolahraga, maka makanan yang dikonsumsi dapat berupa roti gandum, telur, kemudian sereal dengan susu. Selain itu, setelah berolahraga agar tidak lupa untuk mengkonsumsi air putih untuk menggantikan cairan yang keluar.

Pihaknya juga menyampaikan, masyarakat yang ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai gizi, dapat langsung ke Poli Gizi RSI Unisma. Selain itu. Masyarakat telekonsultasi. Untuk informasi lebih lanjut perihal pelayanan, bisa menghubungi nomor 08113138899 dan bisa juga melalui media sosial RSI Unisma.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru