Keren, Peserta Lomba Kampung Bersinar DLH Kota Malang Manfaatkan Lahan Kosong untuk Raup Cuan

Sep 09, 2022 16:44
Warga RT 10 RW 6 Kelurahan Bumiayu saat menunjukkan hasil budidaya tanaman di Plants Java kepada juri Kampung Bersinar DLH Kita Malang. (Foto: Pipit Anggraeni/JatimTIMES).
Warga RT 10 RW 6 Kelurahan Bumiayu saat menunjukkan hasil budidaya tanaman di Plants Java kepada juri Kampung Bersinar DLH Kita Malang. (Foto: Pipit Anggraeni/JatimTIMES).

JATIMTIMES - Inovasi dan kreativitas para peserta Lomba Kampung Bersih, Sehat, Indah, Asri dan Rapi (BERSINAR) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang terus ditunjukkan. Bukan sekedar menjadikan kawasannya sebagai lingkungan yang asri dan bersih, melainkan juga memanfaatkan lahan kosong untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Salah satunya ditunjukkan RW 6 Kelurahan Bumiayu, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang. Bukan hanya pengelolaan sampah dan penataan tanaman saja yang terstruktur, warga setempat secara gotong royong memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumah untuk dijadikan sebagai sebuah galeri tanaman yang cantik dan indah.

Ada dua RT yang inovasi lingkungannya dikunjungi dwwan juri Kampung Bersinar. Yakni RT 6 dan RT 10 yang berada di Perumahan Puri Cempaka Putih. Di dua RT itu, warganya aktif menanam dan menyulap lingkungan menjadi taman yang menyenangkan.

WhatsApp-Image-2022-09-09-at-16.35.568ba03d9f15c63412.jpg

Galeri tanaman yang berada di kawasan RT 10 RW 6 Kelurahan Bumiayu itu oleh warga setempat dinamai Plants Java. Di dalamnya ada banyak jenis tanaman dan bunga-bunga yang indah. Seluruhnya tertata rapi di berbagai sudut. Bukan hanya ada satu, setidaknya ada tiga titik galeri yang penuh dengan tanaman indah itu.

Ketua RT 10 Yunan Helmy mengungkapkan, budidaya tanaman memang menjadi salah satu keunggulan. Bukan hanya untuk menjadikan lingkungan menjadi lebih hijau dan bersih, melainkan juga bisa menjadi salah satu sumber pendapatan. Karena tanaman yang ada di dalamnya tak sekedar dikelola saja, melainkan juga sudah diperjualbelikan.

"Ada yang memang mengelola dan kadang dirawat bersama dengan masyarakat. Hasil penjualan tanaman nanti ada sistem bagi hasil. Itu dulu pembuatan (Plants Java) ada sumbangan dari kas RT dan ada warga yang menyumbangkan tanaman, lalu dikembangkan oleh pengelola," imbuhnya.

WhatsApp-Image-2022-09-09-at-16.35.56-125b37e53a1bd7947.jpg

Ketua RW 6 Bumiayu Dwipa Wahyu Hermantara menerangkan, melalui lomba ini diharapkan masyarakat bisa lebih mencintai lingkungannya. Karena ada banyak manfaat yang akan dituai ketika lingkungan tempat tinggal dipenuhi dengan keasrian dan keindahan. 

"Menang kalah kami tetap semangat. Kami hanya ingin mengajarkan warga untuk mencintai lingkungan," katanya.

Sementara itu, salah satu juri Kampung Bersinar, Mahmudi menyampaikan, dengan adanya lomba ini diharapkan masyarakat bisa lebih peduli terhadap lingkungan sekitar rumah. Misalkan mengimbau kerjabakti yang dilakukan secara rutin untuk membersihkan sanitasi, jalan, hingga pekarangan rumah. Karena jika itu dilakukan, maka semua kampung akan menjadi lebih bersih. Ia juga menyarankan agar ada banyak inovasi yang ditelurkan dari RW seperti lomba tingkat RW untuk peduli kepada lingkungan hingga konservasi air.

"Sehingga saat ikut lomba lagi sudah ada persiapan yang lebih matang. Kepedulian masyarakat, walaupun belum semuanya itu sudah bagus," tambahnya.

WhatsApp-Image-2022-09-09-at-16.35.55b9dc1365c9ab93e3.jpg

Ketua Kader Lingkungan Kota Malang yang juga juri Lomba Kampung Bersinar, M. Jainul Arifin mengungkapan, semangat menjaga lingkungan harus ditanamkan sejak dini. Karena menjaga lingkungan merupakan salah satu investasi untuk kehidupan yang lebih baik bagi anak cucu di masa depan.

"Kita harus semangat meningkatkan lingkungan alam agar tetap asri untuk anak cucu kita ke depan," tambahnya.

Masyarakat pun didorong untuk memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumah untuk menanami sayuran dan tanaman pangan lainnya. Sehingga lingkungan lebih hijau dan asri dan tentunya juga bisa meningkatkan ketahanan pangan masyarakat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru