Viral Anggota Pol Airud Diduga Minta 2 Galon Minyak ke ABK Tugboat

Sep 09, 2022 14:35
Potongan gambar pada video viral Okum Pol Airud yang diduga minta minyak pada ABK Kapal (Ist)
Potongan gambar pada video viral Okum Pol Airud yang diduga minta minyak pada ABK Kapal (Ist)

JATIMTIMES - Viral di media sosial TikTok, oknum anggota Pol Airud Dumai meminta 2 galon minyak atau bahan bakar ke ABK kapal tugboat. Aksi tersebut diduga terjadi di Kumai, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah.

Video tersebut diunggah oleh akun @kenakkentangg (8/9/2022). Dalam video, tampak oknum Pol Airud yang dari nama dada bernama Dharma dengan pangkat Aipda terlibat adu argumen dengan para ABK kapal yang juga merekamnya.

Oknum anggota Pol Airud tersebut, mendatangi kapal ABK dengan boat. Di situ, dijelaskan bahwa oknum tersebut tengah melakukan patroli, setelah sebelumnya melihat kapal yang para ABK itu melintas depan pos Pol Airud. 
Oknum Pol Airud tersebut kemudian menanyakan sesuatu hal yang diduga surat jalan dari kapal tersebut. 

"Apakah salah saya minta keterangan sama capt nya?," kata oknum tersebut kepada ABK.

Ketika ditanya surat tugas oleh ABK, oknum tersebut mengatakan memiliki surat tugas. Akan tetapi, saat itu tidak ia tunjukkan kepada para ABK. 

ABK kapal kemudian berargumen jika petugas patroli pastinya ada surat tugas dari komandan atau perwira. Oknum Pol Airud tersebut kemudian kembali mengatakan jika surat tugasnya ada. 

Lantas, Pol Airud tersebut kemudian turun seolah akan mengambil surat tugasnya. Ia pun kemudian sempat ditahan agar tidak pergi oleh para ABK. 

"Di sini saja bapak," kata ABK yang kemudian dijawab oleh oknum tersebut, "kan aku mengambil surat nya dulu".

Lanjut ABK, permasalahannya oknum tersebut sebelumnya meminta dua galon minyak. Akan tetapi, oleh para ABK  hanya diberikan satu galon. 

"Bapak tadi minta dua galon, itu galonnya sudah terisi satu. Bapak nggak dikasih dua galon mau mempermasalahkan ini," kata ABK yang dijawab oknum tersebut, "bukan masalah begitu ".

"Bapak nggak ada surat tugas, minta dua galon. Kami maunya satu, ini bisa viral pak, bener nggak bohong saya, kita nggak ngancam ya," kata ABK itu.

Oknum tersebut kemudian menyangkal tengah meminta galon minyak. Akan tetapi para ABK bersikeras jika oknum tersebut telah meminta dua galon minyak.

"Mana, mana bapak?" Kata oknum tersebut yang lantas disambut para ABK yang menunjuk ke kapal Pol Airud.

Di akhir video, oknum Pol Airud tersebut segera bergegas pergi dengan seorang pengemudi boat. Terlihat dalam boat oknum Pol Airud tersebut, galon-galon minyak. Sedang yang tertinggal dalam kapal terdapat 1 galon. "Dia maksa minta dua galon, kita ngasi satu galon. Itu pemaksaan pak," jelasnya.

Video tersebut pun mendapat banyak tanggapan miring dari netizen. Akun @Refi Warae berkomentar, "somalia versi sambo".

Akun @garuda bermain mengomentari, "bukan cuma didarat, yang ngerti aja, kalo nanti polisi udah pakai drone, pesawat jg ditilang" tulisnya. Kemudian ada lagi akun
@jeliharahap yang berkomentar, "ini yg saya suka. Mulai memberi pelajaran buat petugas di laut".

Sementara itu, video itu hingga saat ini telah ditonton 756 ribu kali. Kolom komentar pun juga penuh dengan komentar miring, mencapai 6 ribu lebih komentar, 30 ribu lebih menyukai dan 2 ribu lebih telah dibagikan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru