Ratusan Pebalap Bakal Adu Kecepatan di Sagakara Supermoto and Roadrace 2022

Sep 09, 2022 12:20
Panitia ajang Sagakara Supermoto and Roadrace 2022 (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)
Panitia ajang Sagakara Supermoto and Roadrace 2022 (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Ratusan pebalap nasional hingga internasional akan adu kecepatan dalam ajang Sagakara Supermoto and Roadrace 2022. Balapan tersebut akan digelar di sirkuit aspal depan Stadion Kanjuruhan 24-25 September 2022.

Ketua Pelaksana Balap Sagakara Supermoto and Roadrace 2022, Agus 'Tole' mengatakan bahwa ajang ini digelar sebagai penyemarak HUT Kabupaten Malang ke 1262. Selain itu, juga sebagai rangkain Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2022.

“Agenda kegiatan supermoto dan roadrace ini skala nasional. Diikuti pembalap nasional seluruh Indonesia,” kata Agus 'Tole' saat konferensi pers di Stadion Kanjuruhan, Jumat (9/9/2022).

Pada ajang tersebut, Agus menjelaskan bahwa event tersebut diikuti sebanyak 300 sampai 400 pebalap. Mereka akan memacu kuda besi diatas sirkuit aspal Stadion Kanjuruhan.

“Target peserta 300 - 400 strater. Untuk sirkuitnya standar nasional, lebar 12-14 meter dan panjang 1,1 kilometer,” ujar Agus.

Lanjut Agus, ada beberapa kelas yang akan dipertandingkan pada ajang Sagakara Supermoto and Roadrace 2022. Mulai dari kelas pembinaan hingga open build up.

“Ada banyak kelas yang dipertandingkan pada ajang ini, baik di supermoto ataupun pada road race,” ungkap Agus.

Khususnya supermoto, akan ada rintangan yang harus dihadapi pebalap. Ialah terdapat dua jumping-an yang harus dilalui para pebalap.

“Sebenarnya kalau ajang seperti ini kan ada yang aspal juga tanah, tapi karena keterbatasan akhirnya hanya menggunakan aspal. Tapi ada dua jumping-an yang nanti menjadi kesulitan tersendiri bagi pebalap,” beber Agus.

Sementara itu, Agus menegaskan bahwa Sagakara Supermoto and Roadrace 2022 juga akan diikuti pebalap nasional kenamaan seperti Dony Tata hingga Farudila Adam. Namun, pebalap internasional Lewis Cornish juga diperkirakan akan hadir pada ajang tersebut.

“70 persen pebalap Trail Game Asphalt (TGA) hadir pada ajang ini,” kata Agus.

Bagi masyarakat Malang Raya yang gemar menyaksikan balapan, panitia penyelenggara Sagakara Supermoto and Roadrace 2022 mematok tarif untuk tiket sangat murah. Tiket tersebut juga dapat digunakan selama dua hari.

“Untuk tiket hanya Rp 30 ribu. Itu tiket terusan selama dua hari penyelenggaraan event. Di sana juga ada UMKM dari Kabupaten Malang,” ungkap Agus.

Di sisi lain, Sekretaris Dispora Kabupaten Malang Henry Tanjung mengatakan bahwa pihaknya sangat bangga karena Stadion Kanjuruhan saat ini tidak hanya terkenal bukan di nasional saja, melainkan hingga luar negeri. Sebab, pada ajang balapan sebelumnya banyak sekali pebalap internasional yang hadir sehingga mengetahui Stadion Kanjuruhan.

“Kami siapkan lapangan aspal memang untuk ajang balap motor, terakhir digunakan untuk drag race. Tentunya semua fasilitas (event) dipenuhi dari panitia, kami hanya siapkan arena di lapangan,” tutur Henry.

Sebagai informasi, ratusan pebalap akan merebutkan hadiah total sebesar Rp 100 juta lebih pada ajang Sagakara Supermoto and Roadrace 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru