Janji Javier Roca untuk Aremania: Buat Tim Lawan Bergetar Sebelum Datang ke Kandang Singa

Sep 08, 2022 08:05
Javier Roca saat menandatangani kontrak bersama Arema FC (foto: official Arema FC)
Javier Roca saat menandatangani kontrak bersama Arema FC (foto: official Arema FC)

JATIMTIMES - Pelatih anyar Arema FC Javier Roca mengenang saat masih menjadi pemain, jika bertemu dengan tim Singo Edan selalu bergetar dan khawatir. Hal itulah yang akan ditanamkan pada pemainnya saat ini, yakni membuat pemain lawan berfikir panjang saat datang ke Malang.

“Kalau dulu (saat saya masih jadi pemain) di tim lain mau lawan Arema di Malang, dua tiga hari saat berangkat itu kita akan bergetar,” ujar Roca.

Menurut Roca, ketakutan dan kekhawatiran pemain lawan karena akan datang ke Malang. Ia pun meyakini saat masih menjadi pemain pernah merasakan hal serupa. “Jadi takut dibantai, dimainkan keras dan Arema itu semangatnya tinggi, seperti itu lah. Itu yang saya rasakan dan itu yang saya mau juga,” ungkapnya.

Usai menandatangani kontrak bersama Arema FC, Roca ingin hal tersebut dapat tertanam lagi pada diri setiap pemain. Gaya khas Malangan ingin dikembalikan seperti keinginan Aremania.

“Karena memang yang diminta (manajemen dan Aremania) untuk diperbaiki budaya Malang (gaya sepakbola Malangan) itu,” imbuh Roca.

Menurut Roca, gaya Malangan akhir-akhir ini memang sudah tak ia rasakan. Saat ia masih melatih Persik Kediri dan akan menghadapi Arema FC ia tidak merasakan lagi getaran dan ketakutan tersebut.

“Waktu saya di tim lain, saya hadapi Arema kok gak ada rasa itu lagi,” kata pelatih yang dulu pernah menjadi pemain Persija Jakarta itu.

Padahal, ia sempat berfikir jika bermain di Malang tentunya akan menjadi kesulitan tersendiri bagi tim yang ia bawa. Namun, nyatanya tidak seperti yang ia bayangkan.

“Kita lawan Arema itu biasanya gak bisa lebih dari setengah lapangan loh,” tutur Roca.

Jika mengacu pada selera atau apa yang diketahui oleh Roca, Arema FC memiliki gaya permainan offensive atau menyerang total. Namun, ia ingin ada keseimbangan di dalam timnya saat berlaga di kompetisi.

“Kalau selera Malang menurut saya bisa dikatakan selera Offensive. Tapi tetap harus ada keseimbangan,” ujar Roca.

Roca pun bisa menjanjikam gaya tersebut kembali untuk bumi Arema. Soal pendekatan dengan para pemain ia tak masalah. Karena ia meyakini pemainnya adalah pemain profesional yang mudah untuk adaptasi dengan orang baru, termasuk dirinya sebagai pelatih.

“Ini namanya Arema, bukan saya bukan Evan Dimas dan lainnya. Semoga dengan yang kita pikirkan dan doakan bisa berjalan baik,” tegas Roca.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru