Mulai Besok, BLT Subsidi BBM untuk 20.273 KPM di Kota Malang Disalurkan dalam Tiga Tahap

Sep 07, 2022 20:04
Wali Kota Malang Sutiaji saat ditemui di ruang sidang laripurna DPRD Kota Malang, Rabu (7/9/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Wali Kota Malang Sutiaji saat ditemui di ruang sidang laripurna DPRD Kota Malang, Rabu (7/9/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Pemerintah pusat  telah memulai penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) pengalihan subsidi bahan bakar minyak (BBM) pada Rabu (31/8/2022). Penyaluran langsung dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang didampingi Menteri Sosial Tri Rismaharani di Kantor PT Pos Indonesia Sentani, Jayapura, Papua, kepada keluarga penerima manfaat (KPM). 

Dilansir dari laman Kementerian Sosial RI,  pemerintah telah menyiapkan alokasi anggaran sebesar Rp 12,4 triliun. Anggaran sebesar itu yang digunakan untuk BLT pengalihan subsidi BBM da  diberikan kepada 20,65 juta penduduk Indonesia. 

Tidak semua penduduk Indonesia mendapatkan BLT pengalihan subsidi BBM. Ada juga  penduduk yang masuk dalam dua kategori. Yakni KPM program sembako atau bantuan pangan non-tunai (BPNT) dan KPM Program Keluarga Harapan (PKH). 

Masing-masing KPM nantinya akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp 600 ribu yang diberikan dua kali. Yakni setiap penyaluran Rp 300 ribu. 

Indeks bantuan yang diberikan pemerintah, masing-masing KPM mendapatkan BLT pengalihan subsidi BBM tiap bulan sebesar Rp 150 ribu untuk empat bulan. Mulai Bulan September, Oktober, November hingga Desember 2022. 

Sementara, Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, untuk penyaluran BLT pengalihan subsidi BBM di Kota Malang akan dimulai besok Kamis (8/9/2022). Penyaluran BLT subsidi BBM dilakukan dalam tiga tahap di Kantor PT Pos Indonesia Kota Malang. 

"Besok itu (BLT pengalihan subsidi BBM) 13.234 KPM, terus tahap kedua 6.660, dan tahap ketiga 379. Total 20.273 KPM," ungkap Sutiaji kepada JatimTIMES.com, Rabu (7/9/2022). 

Orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang itu menuturkan, sebanyak 20.273 KPM mengacu pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial RI.  "Iya (penyaluran BLT pengalihan subsidi BBM), tapi untuk datanya mengacu dari DTKS," imbuh Sutiaji. 

Untuk mekanisme penyaluran dalam tiga tahap, hal itu menyesuaikan kemampuan dari PT Pos Indonesia selaku instansi yang membantu pemerintah untuk menyalurkan BLT pengalihan subsidi BBM. 

Pemkot  pun akan melakukan koordinasi lebih lanjut terkait mekanisme penyaluran BLT subsidi BBM, apakah dapat dibantu melalui kelurahan-kelurahan agar cepat tersalurkan dan dapat digunakan sebaik-baiknya.  Pasalnya, sesuai dengan arahan Presiden RI Jokowi bahwa penyaluran BLT subsidi BBM bertujuan untuk meningkatkan dan memperbaiki daya beli serta konsumsi masyarakat di tengah kenaikan harga BBM. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru