Progres Penataan Kayutangan Heritage Zona Tiga Capai 42 Persen, Optimis Akhir November 2022 Selesai

Sep 07, 2022 18:44
Plt Kepala DPUPRPKP Kota Malang Diah Ayu Kusumadewi ketika ditemui di lokasi pengerukan sampah dan sedimen di Kelurahan Pisang Candi, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Selasa (6/9/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Plt Kepala DPUPRPKP Kota Malang Diah Ayu Kusumadewi ketika ditemui di lokasi pengerukan sampah dan sedimen di Kelurahan Pisang Candi, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Selasa (6/9/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Percepatan penataan kawasan Kayutangan Heritage zona tiga yang berada di Jalan Jenderal Basuki Rahmat, Kecamatan Klojen, Kota Malang saat ini sudah mencapai 42 persen. 

Hal itu disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPPRKP) Kota Malang Diah Ayu Kusumadewi ketika ditemui di lokasi pengerukan sampah dan sedimen di Jalan Raya Langsep, Kelurahan Pisang Candi, Kecamatan Sukun, Kota Malang. 

"Progresnya kayutangan heritage zona tiga 42 persen, terus sekarang sudah mulai bongkar (sekitar Tugu Chairil Anwar)," ungkap Diah kepada JatimTIMES.com. 

Berdasarkan pantauan JatimTIMES.com di lapangan, untuk pembongkaran batuan andesit di sekitar Tugu Chairil Anwar tersebut telah dilakukan mulai hari Senin (29/8/2022) lalu. Di mana penggarapan batuan andesit di sekitar Tugu Chairil Anwar dilakukan oleh CV Sinar Mulya. 

Diah mengatakan, khusus kawasan Tugu Chairil Anwar yang masuk dalam penataan Kayutangan Heritage zona tiga, nantinya batuan andesit yang telah terpasang beberapa waktu lalu akan ditata ulang. 

"Nanti dikasih penguatan di bawahnya terus usai betonnya masuk, kami tata kembali batuannya," ujar Diah. 

Kawasan Tugu Chairil Anwar Kota Malang.

Perempuan berhijab yang saat ini menjabat sebagai Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Malang ini mengatakan, bahwa nantinya batuan andesit yang dibongkar akan dilakukan pemeriksaan. 

"Batuan yang masih utuh digunakan kembali, batuan yang sudah rusak nggak digunakan kembali, terus ada juga yang kita pengadaan baru," terang Diah. 

Disinggung berapa jumlah maupun persentase batuan andesit yang rusak, Diah mengaku belum menghitung. Pihaknya berdalih, karena pada setiap pembongkaran selalu diopname atau diperiksa kembali. 

"Aku belum menghitung, karena kan setiap bongkar selalu diopname, dihitung jumlahnya berapa yang masih bagus, berapa yang sudah nggak bisa dipakai," tutur Diah. 

Pihaknya pun menargetkan, penyelesaian penataan batuan andesit di sekitar Tugu Chairil Anwar selama dua bulan. Jadi diperkirakan Bulan Oktober 2022 selesai untuk penggarapan dan penataan batuan andesit di sekitar Tugu Chairil Anwar. 

"Nanti kan ditutup separuh selesai, terus ditutup separuh lagi. Ini masih koordinasi sama teman-teman dishub dan polresta, mungkin minggu depan. Target selesai secara keseluruhan (penataan Kayutangan Heritage zona tiga) akhir November," jelas Diah. 

Sementara itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang menggelontorkan anggaram sebesar Rp 5,8 miliar untuk penataan kawasan Kayutangan Heritage zona tiga. Di mana untuk pedestrian atau jalur pejalan kaki mulai dari Eks Kantor Bank Rakyat Indonesia (BRI) hingga depan Hotel Richie dilebarkan dengan lebar ruang manfaat hingga 12 meter. 

Selain itu, di jalur pedestrian kawasan Kayutangan Heritage zona tiga akan ditambah 26 unit kursi sanitair produk Klaseman, kemudian 71 bollard berbentuk bola serta 64 bollard tiang pada area penyeberangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru