Presiden Jokowi Lantik Mantan Bupati Banyuwangi Azwar Anas Menjadi MenPAN-RB RI

Sep 07, 2022 15:46
Abdullah Azwar Anas saat mengucapkan sumpah jabatan di bawah kitab suci Al-Qur'an di Istana Negara, Rabu (7/9/2022). (Foto: YouTube Sekretariat Presiden)
Abdullah Azwar Anas saat mengucapkan sumpah jabatan di bawah kitab suci Al-Qur'an di Istana Negara, Rabu (7/9/2022). (Foto: YouTube Sekretariat Presiden)

JATIMTIMES - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik mantan Bupati Banyuwangi yang juga mantan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Abdullah Azwar Anas menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) RI di Istana Negara DKI Jakarta, Rabu (7/9/2022).

Pelantikan Abdullah Azwar Anas sebagai MenPAN-RB RI berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor: 91/P Tahun 2022 tentang Pengangkatan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Kabinet Indonesia Maju dalam sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024 yang dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara, Nanik Purwanti.

Usai dilakukan pembacaan Keppres, kemudian Presiden RI Jokowi melepas masker dan memimpin pembacaan sumpah jabatan yang juga diucapkan oleh Abdullah Azwar Anas.

Sebelum dilantik, Jokowi menanyakan kesediaan Abdullah Azwar Anas sebagai MenPAN-RB RI Kabinet Indonesia Maju dalam sisa masa jabatan Presiden RI Jokowi dan Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin periode tahun 2019-2024.

"Bersediakah saudara untuk diambil sumpah menurut agama Islam?" ujar Presiden Jokowi saat prosesi pelantikan, Rabu (7/9/2022).

"Bersedia," jawab Abdullah Azwar Anas.

"Demi Allah bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD 1945 serta akan menjalankan segara peraturan perundangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik baiknya dengan penuh rasa tangung jawab," ucap Abdullah Azwar Anas mengucapkan bunyi sumpah jabatan yang dituntun oleh Presiden Jokowi.

Prosesi pelantikan Abdullah Azwar Anas sebagai MenPAN-RB RI.

Setelah pembacaan sumpah jabatan Abdullah Azwar Anas sebagai MenPAN-RB RI, Presiden Jokowi pun meninggalkan tempat prosesi pelantikan.

Dalam pelantikan Azwar Anas sebagai MenPAN-RB RI dihadiri oleh beberapa pejabat, di antaranya Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tito Karnavian, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) RI Mahfud MD, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari, dan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Rahmat Bagja.

Selain itu, hadir pula Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Sebagai informasi, Azwar Anas dikenal luas oleh publik sebagai Bupati Banyuwangi yang menjabat sejak 21 Oktober 2010 hingga 17 Februari 2021. Nama Azwar Anas diputuskan menjadi MenPAN-RB RI yang sebelumnya muncul beberapa nama dari PDI Perjuangan, seperti Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah dan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey.

Sebelumnya, nama Azwar Anas juga sempat masuk dalam bursa calon Wakil Gubernur Jawa Timur untuk mendampingi Syaifullah Yusuf atau yang akrab disapa Gus Ipul. Selain itu, namanya juga sempat masuk ke dalam bursa calon Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Namun, Presiden RI Jokowi saat itu lebih memilih Bambang Susantono untuk menjadi Kepala Otorita IKN Nusantara.

Untuk diketahui, MenPAN-RB RI sebelumnya Tjahjo Kumolo telah meninggal dunia pada Jumat, 1 Juli 2022. Tjahjo meninggal dunia karena sakit dan telah mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Abdi Waluyo Jakarta.

Untuk mengisi sementara kekosongan jabatan MenPAN-RB RI Jokowi menunjuk Menko Polhukam RI Mahfud MD sebagai Pelaksana Tugas (Plt) MenPAN-RB RI yang terhitung sejak 16 Juli 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru