Malangtimes

Terus Melangkah Maju, Unisma Menuju Enterpreneur University

Sep 07, 2022 15:42
Rektor Unisma, Prof Dr Maskuri MSi tengah berfoto bersama para mahasiswa (Ist)
Rektor Unisma, Prof Dr Maskuri MSi tengah berfoto bersama para mahasiswa (Ist)

JATIMTIMES - Universitas Islam Malang (Unisma) terus melangkah maju dengan berbagai inovasi dan pengembangan dari berbagai sisi. Salah satunya, Unisma kini konsen untuk mempersiapkan diri sebagai Entrepreneur University.  Hal tersebut ditegaskan oleh Rektor Unisma, Prof Dr Maskuri MSi, saat konferensi pers melalui sambungan zoom. 

"Unisma kaitannya dengan mempersiapkan enterpreneur university, saat ini menjadi konsen utama membekali mahasiswa melalui karya. Kemampuan dosen terus kita upgrade. Kita tingkatkan kemampuan mengimplementasikan Enterpreneur University, setelah kita melaksanakan riset university," paparnya.

Riset merupakan upaya menemukan berbagai macam temuan baru, pengembangan ilmu pengetahuan maupun inovasi dan invension. Hal ini nantinya dilakukan mahasiswa dan dosen. Bukan hanya sekadar mengimplementasikan riset, tetapi juga menjalin kerjasama dengan dunia industri dan dunia usaha (Dudi).

Kerja sama yang terjalin, tentunya diharapkan dapat menghasilkan sebuah produk yang itu bermanfaat untuk masyarakat luas. Agar konsep tersebut berjalan dengan cepat, tentu kerja sama harus terus diperluas dengan DUDI (dunia usaha dan dunia industri) baik di luar negeri dan kampus luar negeri. 

"Bekerja sama dengan DUDI, masyarakat, birokrasi dan yang lainnya untuk membekali mahasiswa secara kongkrit agar mereka tidak hanya kemampuan, tapi ketrampilan mereka terbiasa bermitra," jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, sekecil apapun sebuah karya, adalah sebuah tangga untuk mewujudkan Unisma sebagai entrepreneur University. Hal ini tak bisa lepas kegiatan yang dilakukan oleh Unisma Good Goverment, learning university, riset university dan 2023 nanti mengarah entrepreneur university,

Untuk itu, hal ini diawali dengan seluruh prodi dengan memasukkan mata kuliah Entrepreneur yang sudah diorientasikan. Di samping itu, juga banyak success story yang dibagikan serta bagaimana melakukan pemetaan mahasiswa untuk distribusi mahasiswa melakukan magang di perusahaan yang menjadi mitra Unisma. 

Pengembangan program-program inovatif terus digalakkan. Baik menggalakan potensi mahasiswa dan dosen, maka Unisma dengan pendaftar ribuan mahasiswa memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk bergabung menjadi mahasiswa baru sampai 28 september 2022. 

"Mendukung percepatan sebagai Entrepreneur University, Unisma menyediakan laboratorium untuk enterpreneur di tiga titik lokasi. Yakni sentral utama pengelolaan yogurt, kerupuk susu, sari minuman dan pupuk di Kebonagung, Malang," jelasnya.

Selain itu, fasilitas lain, juga dilakukan pengembangan peternakan di wilayah Jengglong, kebun kopi di Karangploso dengan luas sekitar 80 hektar hingga central pengembangan wisata. Termasuk juga pengembangan kampus dua Unisma di Karangploso.

Unisma juga menyediakan inkubator bisnis maupun kelas generasi emas yang membina mahasiswa entrepreneur. Telah banyak mahasiswa yang mempunyai usaha kemudian dibina dan difasilitasi untuk mencari jalinan kerjasama dengan Dudi untuk mengembangkan usahanya.

Mari bergabung dengan Unisma. Pendaftaran gelombang III S1 non Fakultas Kedokteran dan Pascasarjana sampai dengan 28 September 2022. Info lebih lanjut, simak laman PMB.Unisma.ac.id.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru