Malangtimes

BBM Naik, PO Bagong Tunggu SK Gubernur Terkait Penyesuaian Tarif

Sep 07, 2022 07:49
Ilustrasi Bis Bagong.(Foto: Istimewa).
Ilustrasi Bis Bagong.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi masih dibicarakan banyak orang. Hal tersebut juga dikeluhkan oleh para pelaku usaha moda transportasi. Salah satunya moda transportasi darat seperti angkutan umum dan bis. 

Salah satunya oleh PT Bagong Dekaka Makmur, perusahaan yang mengelola transportasi Bis Bagong. Hingga saat ini, PT Bagong Dekaka Makmur masih belum bisa memutuskan terkait kemungkinan penyesuaian tarif baru akibat naiknya harga BBM

"Hasil rapat sementara masih menunggu keputusan SK Gubernur untuk pengaturan tarif trayek ekonomi, tarif batas atas dan bawah. Untuk yang non ekonomi ditentukan oleh pengusaha," ujar Direktur PT Bagong Dekaka Makmur, Budi Susilo, Selasa (6/9/2022) kemarin.

Dirinya berharap ada skema atau langkah yang bagus yang diambil pemerintah untuk menyikapi moda transportasi umum akibat naiknya harga BBM. Hal tersebut harus bisa bersifat ramah kepada pengusaha dan juga masyarakat. 

"Mudah-mudahan ada langkah dari pemerintah yang cukup bagus untuk pengusaha. Karena kalau tarif terlalu mahal takutnya akan membebani masyarakat sehingga beralih ke moda transportasi lainnya," terang Budi. 

Dirinya belum bisa memastikan ataupun memperkirakan berapa kemungkinan kenaikan tarif yang bakal terjadi. Sebab hal tersebut masih menunggu SK Gubernur Jawa Timur (Jatim).

Dirinya mengaku bahwa sementara ini, tidak bisa berbuat banyak selain tetap mengoperasikan ratusan armadanya. Di sisi lain, naiknya harga BBM juga disinyalir berimbas pada naiknya harga sparepart, oli dan juga ban. 

"Kalau memang sudah diputuskan mau tidak mau mengikuti. Kalau menurunkan harga spare parts memang keinginan semua pengusaha. Karena harga sekarang sangat mahal semua," pungkas Budi.

Armada Bis Bagong sendiri yang cukup dikenal yakni punya trayek di sekitar Malang Barat. Yakni Pujon, Ngantang dan Kasembon. Trayeknya juga meliputi, Blitar, Jombang,Tulungagung dan Kediri. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru