Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Maksimalkan Normalisasi Saluran, DPUPRPKP Bakal Tambah Ekskavator

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Heryanto

06 - Sep - 2022, 13:37

Plt Kepala DPUPRPKP Kota Malang. Diah ayu Kusumadewi bersama Wali Kota Malang Sutiaji saat memantau pelaksanaan kegiatan normalisasi saluran di Jalan Raya Langsep (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Plt Kepala DPUPRPKP Kota Malang. Diah ayu Kusumadewi bersama Wali Kota Malang Sutiaji saat memantau pelaksanaan kegiatan normalisasi saluran di Jalan Raya Langsep (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang bakal menambah armada alat berat ekskavator. Hal ini tentunya untuk mendukung kegiatan normalisasi saluran di Kota Malang. 

Dijelaskan Plt Kepala DPUPRPKP Kota Malang Diah Ayu Kusuma Dewi, meskipun telah memiliki dua ekskavator, namun belum bisa mengakomodir kegiatan normalisasi manakala berada di lokasi sempit ataupun permukiman.

"Ada dua yang besar, tapi nggak bisa masuk-masuk ke lokasi yang sempit," jelasnya.

Saat ini, pada Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) pihaknya mengusulkan penambahan dua ekskavator baru yang ukurannya tentu menyesuaikan dengan kebutuhan di kawasan perkotaan.

"1 ekskavator ukuran besar dan 1 ukuran kecil," jelasnya saat melakukan kegiatan pengerukan saluran air di kawasan Jalan Raya Langsep, Kelurahan Pisang Candi, Kecamatan Sukun Kota Malang, Selasa (6/9/2022).

Anggaran yang disiapkan dalam PAK sekitar Rp 1,3 sampai Rp 1,4 miliar. Anggaran tersebut diprediksi cukup untuk menambah dua ekskavator baru. "Kalau yang agak besar ya sekitar Rp 800 an juta. Kalau yang kecil sekitar Rp 500 an juta," tuturnya.

Dalam kegiatan pengerukan saluran, DPUPRPKP mengerahkan alat berat untuk mempercepat normalisasi saluran. Namun, pengerukan tersebut kadangkala terbatas pada lokasi-lokasi yang memiliki akses jalan yang memadai. Jika pada lokasi-lokasi yang sempit, dalam upaya normalisasi masih terkendala jika harus mengerahkan alat berat. Untuk itu, selama ini normalisasi dilakukan dengan menerjunkan personil Satgas DPUPRPKP dengan pengerukan tenaga manusia. 

"Dengan nantinya ada penambahan alat berat ukuran kecil, tentu bisa masuk-masuk ke area dengan lokasi yang sempit, sehingga normalisasi lebih cepat dan maksimal," pungkasnya.


Topik

Pemerintahan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Heryanto