Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Harga Cabai Kian "Pedas", Harga Telur di Kabupaten Malang Justru Turun

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

05 - Sep - 2022, 20:39

Petugas gabungan saat melakukan peninjauan di Pasar Kepanjen beberapa waktu lalu. (Foto : Ashaq Lupito / JatimTIMES)
Petugas gabungan saat melakukan peninjauan di Pasar Kepanjen beberapa waktu lalu. (Foto : Ashaq Lupito / JatimTIMES)

JATIMTIMES - Sejumlah kebutuhan pokok mengalami kelonjakan harga. Salah satu  yang mengalami kenaikan harga di Kabupaten Malang adalah komoditas cabai.

Berdasarkan informasi yang dihimpun JatimTIMES, naiknya komoditas cabai dipicu  beberapa faktor. Di antaranya kelonjakan tarif transportasi akibat penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) dan faktor cuaca.

"Ternyata setelah saya cek sampai hari ini, semua bahan pokok yang vital itu masih aman (harganya tidak naik). Tapi cabai malah naik harganya, terutama cabai besar," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Kabupaten Malang Mahila Surya Dewi saat dikonfirmasi JatimTIMES.com, Senin (5/9/2022).

Dijelaskan Mahila, kenaikan harga cabai di Kabupaten Malang mencapai Rp 5 ribu dari harga sebelumnya. Yakni dari Rp 46 ribu menjadi Rp 51 ribu.

"Harga cabai per kilonya naik dari Rp 46 ribu menjadi Rp 51 ribu. Sepertinya kenaikan harga cabai di Kabupaten Malang itu salah satunya karena faktor musim. Biasanya begitu," imbuhnya.

Tidak hanya Kabupaten Malang.  Kenaikan harga cabai juga terjadi di beberapa daerah lain yang ada di Jawa Timur (Jatim). "Beberapa kabupaten dan kota di Jawa Timur informasinya juga naik semua," kata Mahila.

Di sisi lain, meski cabai mengalami kenaikan harga, beberapa komoditas lain justru mengalami penurunan harga. Salah satunya adalah telur.

"Tapi harga telur turun. Jalau dari berapa ke berapa ,saya harus lihat data. Namun yang jelas turunnya tidak signifikan. Biasanya hanya sekitar seribu rupiah. Kurang lebih segitu," pungkasnya.


Topik

Ekonomi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

Sri Kurnia Mahiruni