Malangtimes

Fakultas Syariah UIN Malang Helat Stadium General dan Rakernas Senat Mahasiswa Syariah dan Hukum se-Indonesia

Sep 05, 2022 16:28
Rektor UIN Malang bersama para tokoh yang menjadi narasumber dalam Stadium General dan Rakernas Forum Senat Mahasiswa Syariah dan Hukum se-Indonesia (Ist)
Rektor UIN Malang bersama para tokoh yang menjadi narasumber dalam Stadium General dan Rakernas Forum Senat Mahasiswa Syariah dan Hukum se-Indonesia (Ist)

JATIMTIMES - Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang menjadi tuan rumah dalam gelaran akbar bertajuk Stadium General dan Rakernas Forum Senat Mahasiswa Syariah dan Hukum se-Indonesia (FORSEMASHI) di aula pertemuan UIN Maliki Malang, Senin (5/9/2022). 

600 lebih mahasiswa dari berbagai universitas hadir dalam  Stadium General dan Rakernas FORSEMASHI yang melibatkan pengurus dari 10 kampus Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di Indonesia.  

Rektor UIN Maliki Malang, Prof Dr M Zainuddin MA membuka kegiatan tersebut. Dalam sambutannya, Rektor mengatakan bahwa mahasiswa memiliki peran yang strategis dan peran yang dinamis dari waktu ke waktu.

Untuk itu, pihaknya meminta agar para mahasiswa lebih peka terhadap dinamika yang terjadi di masyarakat. Mahasiswa bukan hanya mengambil peran sebagai agent of change dalam masyarakat, tetapi juga perlu ambil bagian sebagai penguat moral dan penjaga nilai dalam masyarakat.

Pihaknya juga mengharapkan, para mahasiswa sebagai penerus bangsa harus melangkah maju menjadi yang terdepan dalam merealisasikan dan memperkuat komitmen terhadap NKRI dengan rasa nasionalisme yang tertanam dalam diri. 

Satu hal yang juga penting, yakni harus tetap berkomitmen terhadap NKRI. Ditegaskannya juga, bahwa tidak boleh ada ideologi dan model negara selain Pancasila dan NKRI. 

"Mahasiswa harus menjadi yang terdepan dalam merealisasikan hal ini karena kalian adalah penerus perjuangan bangsa. Bonus demografi Indonesia yang sangat penting untuk masa depan adalah kalian," paparnya.

Kegiatan ini diisi dengan dua sesi, yakni dialog kebangsaan dan sidang pleno Rakernas. Mengusung tema "Peran Mahasiswa dalam Mengawal Bonus Demografi Menuju Indonesia Emas 2045", kegiatan ini berlangsung dinamis dan hangat. Dialektika antara para pemateri, mahasiswa, dan perwakilan dosen kian hidup pada sesi diskusi.

Kegiatan yang memberikan kontribusi positif bagi wawasan kebangsaan, syariah, dan hukum bagi generasi masa depan ini juga diramaikan dengan berbagai penampilan menarik, yakni tari tradisional dan paduan suara. Panitia berharap, kegiatan ini bisa menjadi awal langkah progresif FORSEMASHI untuk mengabdi.

Sementara itu, dalam kegiatan ini juga dihadiri Wakil Wali Kota Malang Ir H Sofyan Edi Jarwoko, Ahmad Farih Sulaiman Anggota DPRD Kota Malang, Hasanuddin Wahid Anggota DPR RI, Kombes Pol Dekananto Eko Purwono Dir Intel Polda Jatim, AKBP Agus Prasetyo Kasubid Sosbid Intelkam Polda Jatim dan Kombes Pol Budi Hermanto Kapolres Kota Malang
dan  Muhammad Zakari Al-Ansori Ketua Tim Kawasan Amerika Latin, Pusat Strategi Kebijakan Kawasan Amerika dan Eropa yang hadir secara virtual melalui zoom meeting.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru