Malangtimes

Ini Nama-nama yang Telah Dipastikan Jadi Penghuni Neraka 

Sep 05, 2022 08:13
Ilustrasi panasnya api neraka (pixabay)
Ilustrasi panasnya api neraka (pixabay)

JATIMTIMES - Neraka merupakan tempat para pendosa mendapatkan balasan dari Allah SWT. Namun tahukah Anda terdapat nama yang dipastikan akan menjadi penghuni neraka menurut Al-Qur'an. Lantas siapa saja para pemilik nama tersebut? Simak informasinya ini yang diolah dari Magenta Islam.

Fir'aun

Nama yang pertama adalah Fir'aun. Fir'aun merupakan raja yang kejam dan licik di masa nabi Musa AS. Fir'aun juga begitu bengis. Ia pun tak ragu untuk membunuh siapa saja yang menghalanginya. Bukan hanya itu saja, atas kekuasaannya, ia bahkan menganggap dirinya sebagai tuhan.

Banyak umat yang takut kepadanya. Nabi Musa pun datang dan menyadarkan semua umat. Bahwa, hanya Allah SWT yang patut untuk disembah. Fir'aun pun kemudian sampai menerima azab dari Allah. Ia tenggelam bersama pasukannya saat mengejar rombongan Nabi Musa yang membelah laut untuk melintas.

Selain mendapatkan azab, dirinya juga sudah dipastikan mendapatkan siksa di neraka. Dalam Al-Qur'an Surah Ghafir Ayat 46, "Kepada mereka diperlihatkan neraka, pada pagi dan petang, dan pada hari terjadinya kiamat. (Lalu kepada malaikat diperintahkan)," masukanlah Firaun dan kaumnya kepada azab yang sangat keras!".

Qabil

Nama kedua yang jelas menjadi penghuni neraka adalah Qabil. Seperti diketahui, Qabil merupakan nama dari putra Nabi Adam AS. Ia menjadi penghuni neraka karena membunuh saudara atau kembarannya sendiri yang bernama Habil.

Penyebab Qabil membunuh Habil, lantaran cemburu Habil akan menikahi perempuan yang begitu cantik. Qabil diberikan nasehat agar lebih mendekatkan diri dengan Allah SWT dengan berkurban. Tetapi, saat berkurban, Qabil justru memberikan hasil yang buruk dan membuat kurbannya tak diterima. Hal itulah yang kemudian membuat ia membunuh saudaranya.

Hal itu juga dijelaskan dalam Surah Al Maidah. "Sungguh, jika engkau (Qabil) menggerakkan tanganmu kepadaku untuk membunuhku, aku tidak akan menggerakkan tanganku kepadamu untuk membunuhmu. Aku takut kepada Allah, Tuhan seluruh alam" (QS Al Maidah 28).

"Sesungguhnya aku ingin agar engkau kembali dengan (membawa) dosa (membunuh)ku dan dosamu sendiri, maka engkau akan menjadi penghuni neraka; dan itulah balasan bagi orang yang zhalim,"(QS Al Maidah 29).

Qarun

Nama ketiga yang akan menghuni neraka adalah Qarun. Qarun merupakan sepupu Nabi Musa AS. Ia bukanlah orang kaya. Ia merupakan sosok yang miskin dan begitu sulit menjalani kehidupannya. Meskipun sulit, Qarun saat itu menjadi orang yang taat beribadah.

Melihat itu, Nabi Musa pun kemudian mendoakan Qarun untuk mendapatkan rezeki yang berlebih. Allah pun kemudian mengabulkan doa Nabi Musa. Qarun mendapatkan limpahan harta. Tetapi, harta yang ia dapatkan justru membuatnya lupa kepada Allah. Ia begitu sombong dengan harta yang  dimiliki. Ia pun tidak pernah melakukan sedekah. Bahkan, Qarun juga mendoakan Nabi Musa untuk binasa. Sampai akhirnya azab Allah menimpa Qarun. 

"Dan (juga)Qarun, Fir'aun dan Haman, sungguh telah datang kepada mereka Musa dengan (membawa) keterangan-keterangan yang nyata. Tetapi mereka berlaku sombong di bumi dan mereka orang-orang yang tidak luput (dari azab Allah)" (QS Al Ankabut 39).

Selain nama tersebut, juga terdapat nama lainnya dalam Al-Qur'an yang telah dipastikan menjadi penghuni neraka, yakni Abu Lahab, Haman yang merupakan tangan kanan Fir'aun, istri nabi Nuh As, istri Nabi Luth, Kan'an putra Nabi Nuh, Namrud musuh Nabi Ibrahim AS dan Azar ayah Nabi Ibrahim AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru