Dua Pecahan Rupiah Ini Resmi Ditarik BI, Ini Penampakannya

Sep 05, 2022 07:36
Ilustrasi Bank Indonesia.(Foto: Istimewa).
Ilustrasi Bank Indonesia.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Bank Indonesia resmi menarik uang rupiah khusus peringatan 50 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Ada dua pecahan URK Tahun Emisi (TE) 1995 yang ditarik resmi sejak 30 Agustus 2022 lalu. 

Hal tersebut tertuang dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor 24/15/PBI/2022. Dengan hal tersebut, terhitung saat ini URK TE 1995 tidak lagi berlaku sebagai alat pembayaran yang sah. Dua pecahan URK TE 1995 yang ditarik tersebut adalah URK seri demokrasi pecahan Rp 300 ribu. Dan URK seri Presiden Republik Indonesia pecahan Rp 850 ribu. 

Untuk itu, masyarakat yang memiliki dan URK itu dan ingin melakukan penukaran, maka dapat melakukannya di bank-bank umum terdekat. Layanan penukaran juga dapat dilakukan di kantor pusat maupun kantor perwakilan BI sesuai dengan jadwal operasional dan layanan publik.

Masa penukarannya selama 10 tahun. Yakni terhitung sejak 30 Agustus 2022 hingga 30 Agustus 2032 mendatang. 

Pecahan URK TE 1995 pecahaj Rp 300 ribu dan Rp 850 ribu.(Foto: istimewa).

"Penggantian atas URK TE 1995 yang dicabut dan ditarik dari peredaran sebesar nilai nominal yang sama dengan yang tertera pada URK dimaksud," ujar Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Erwin Haryono dikutip dari cnbcindonesia.com

Ia menjelaskan penggantian atas URK dalam kondisi lusuh, catat, atau rusak dilakukan dengan mengacu pada Peraturan Bank Indonesia mengenai pengelolaan uang rupiah.

Pertama, dalam hal fisik uang rupiah logam lebih besar dari satu per dua ukuran aslinya dan ciri uang rupiah dapat dikenali keasliannya, diberikan penggantian sebesar nilai nominal uang rupiah yang ditukarkan. Kedua, dalam hal fisik uang rupiah logam sama dengan atau kurang satu per dua ukuran aslinya, tidak diberikan penggantian.

"BI mengimbau masyarakat yang akan melakukan penukaran untuk tetap menjalankan protokol kesehatan pencegahan covid-19 yang telah ditetapkan Pemerintah," pungkas Erwin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru