Malangtimes

Prodi Perbankan Syariah UIN Maliki Malang Menuju Kurikulum Outcomes Based Education

Sep 04, 2022 18:36
Dekan Fakultas Ekonomi, Dr H Misbahul Munir memberikan souvenir kepada pemateri dari Unair Noven Suprayogi SE MSi Ak (UIN Malang)
Dekan Fakultas Ekonomi, Dr H Misbahul Munir memberikan souvenir kepada pemateri dari Unair Noven Suprayogi SE MSi Ak (UIN Malang)

JATIMTIMES - Program Studi (Prodi) Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang mengadakan kegiatan review kurikulum dengan tema "Kurikulum Program studi Perbankan Syariah Menuju Kurikulum Outcomes Based Education (OBE)".

Review kurikulum ini, dijelaskan Dekan Fakultas Ekonomi Dr H Misbahul Munir Lc M.EI agar nantinya dapat ditindaklanjuti dengan workshop kurikulum yang nantinya bermuara pada terciptanya kurikulum yang sesuai. 

"Sehingga tercipta kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pasar," jelasnya dalam kegiatan yang digelar beberapa waktu lalu.

Dalam review kurikulum ini, hadir pemateri eksternal dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Noven Suprayogi SE MSi Ak yang merupakan Ketua Lembaga Pengembangan Ekonomi Islam (LPEI) Universitas Airlangga. 

Dalam paparannya, pihaknya menjelaskan perihal skema tentang Kurikulum OBE. Menurutnya, kurikulum yang dibuat saat ini harus memproyeksikan dan beradaptasi pada perkembangan. Selain itu, kurikulum juga harus berproyeksi pada kebutuhan pasar lima tahun ke depan. 

"Kurikulum ini, tentu harus sesuai dengan visi dan misi program studi. Untuk menyempurnakan kurikulum ini, dosen sebagai pilar keilmuan juga perlu menyesuaikan dengan kondisi kebutuhan pasar dalam menyusun kurikulum," paparnya.

Lebih lanjut dijelaskan, Kurikulum OBE dan MBKM menjadi satu kesatuan yang bersifat fleksibel dengan fokus pada pencapaian kompetensi atau capaian pembelajaran.  "Proses dimulai dari penentuan profil lulusan, capaian pembelajaran lulusan, bahan kajian, capaian pembelajaran mata kuliah dan bangunan kurikulum," tuturnya.

Dalam review kurikulum juga hadir para alumni. Masukan membangun sempat diberikan, yakni terkait perlunya penambahan kegiatan praktikum pada beberapa matakuliah dan keterampilan public speaking. 

Hal ini menurut para alumni akan sangat berguna dalam meningkatkan softskill para mahasiswa dalam dunia kerja. Untuk itu, para alumni berharap hari saran ini segera ditindaklanjuti  oleh Prodi Perbankan Syariah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru