Antisipasi Meroketnya Harga Cabai, Wali Kota Batu Minta Warga Tanam di Pekarangan

Sep 04, 2022 18:05
Cabai rawit yang dijual di Pasar Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Cabai rawit yang dijual di Pasar Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Cabai rawit kerap mengalami kenaikan harga. Karena itu Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko meminta seluruh warga dan aparatur sipil negara (ASN) menanam cabai di pekarangan rumah masing-masing.

Bagi Dewanti itu menjadi salah satu upaya untuk menghadapi inflasi atau kenaikan harga kebutuhan pangan. Dengan cara itu warga bisa berperan membantu pemerintah dalam mengendalikan inflasi.

“Salah satu inflasi paling banyak disumbang itu pangan. Karena itu mari menanam cabai rawit sendiri di pekarang rumah masing-masing,” ucap Dewanti.

Dewanti menilai, cabai merupakan salah satu bahan pangan yang penting bagi masyarakat. Sehingga Dewanti juga minta peran Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu membagikan bibit cabai kepada masyarakat.

“Yang paling mencolok cabai dan bawang merah. Kalau kita tidak makan cabai rasanya tidak semangat. Saya minta kepada dinas terkait untuk membagikan bibit cabai. Satu rumah tangga tanam lima bibit,” ucap Dewanti.

Menurut Dewanti saat ini pertumbuhan ekonomi di Kota Batu sudah mencapai 5,5 persen. Dewanti pun menargetkan bisa tumbuh hingga 6 persen di tahun ini. “Aktivitas perekonomian sudah luar biasa. Disparta beberapa waktu lalu juga mengadakan expo dan sebagainya, saya yakin tahun ini pertumbuhan ekonomi bisa mencapai 6 persen,” harap Dewanti.

Sedang beberapa saat lalu harga cabai rawit di pasaran Kota Batu tembus Rp 110 ribu. Harga tersebut bertahan cukup lama. Sementara itu hingga Minggu (4/9/2022) harga cabai rawit di pasaran mencapai Rp 40 ribu per kilogramnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru