Malangtimes

SMEKTIS Fair Part 6, SMK Terpadu Al-Ishlahiyah Tebar Hadiah dan Beasiswa Buat Pelajar se-Malang Raya

Sep 03, 2022 14:05
Kepala SMK Terpadu Al-Ishlahiyah Muhammad Nashrulloh (berdiri) saat meninjau proses penjurian lomba design poster yang diadakan dalam agenda SMEKTIS Fair Part 6 (Foto : Ashaq Lupito / JatimTIMES)
Kepala SMK Terpadu Al-Ishlahiyah Muhammad Nashrulloh (berdiri) saat meninjau proses penjurian lomba design poster yang diadakan dalam agenda SMEKTIS Fair Part 6 (Foto : Ashaq Lupito / JatimTIMES)

JATIMTIMES - Ratusan peserta dari pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat se-Malang Raya nampak antusias saat mengikuti beragam perlombaan yang diadakan oleh Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Terpadu Al-Ishlahiyah, Sabtu (3/9/2022).

Kepala SMK Terpadu Al-Ishlahiyah Muhammad Nashrulloh menjelaskan, ada enam cabang perlombaan yang diadakan pada serangkaian acara SMEKTIS Fair Part 6 tersebut. Yakni meliputi turnamen futsal, lomba salawat al-banjari, musabaqah tilawatil qur'an (MTQ), design poster based smartphone, pidato bahasa indonesia, video kreatif berdurasi pendek instagram, dan juga ada pameran projek profil pelajar pancasila.

SMEKTIS-Fair-1792b3bffdde284ae.jpg

"Kegiatan SMEKTIS Fair Part 6 ini selain ada perlombaan, juga ada pameran dan bazar. Sedangkan untuk lombanya, sebenarnya ada yang ingin berpartisipasi dari luar Malang, tapi kami hanya membuka pendaftaran lomba dari Malang Raya saja. Pesertanya siswa SMP dan Madrasah Tsanawiyah (MTs)," jelas Nashrulloh.

Kepada JatimTIMES.com, pria yang akrab disapa Anas ini menjelaskan, untuk kompetisi futsal sudah diselenggarakan sejak Kamis (1/9/2022). Dari delapan tim yang berlaga dalam sistem gugur tersebut, mendaulat SMP Al-Rifa'ie Gondanglegi sebagai juara pertama.

"Kalau kompetisi futsal sudah kami selenggarakan kemarin (Kamis, 1/9/2022). Sedangkan untuk perlombaan kategori lainnya, kami mulai pada hari ini (Sabtu, 3/9/2022)," kata Anas saat ditemui disela-sela agenda yang bertemakan Challenging 5.0 For The Gen-Zie tersebut.

Sama semaraknya dengan kompetisi futsal, lanjut Anas, pada serangkaian perlombaan yang diadakan pada akhir pekan ini juga menyedot banyak animo dari pelajar yang ada di sekolah se-Malang Raya.

SMEKTIS-Fair-29f65cadf296349c0.jpg

Rinciannya, untuk lomba MTQ ada sekitar 20 orang peserta, lomba salawat al-banjari diikuti oleh 12 tim, design poster based smartphone ada 25 peserta, lomba pidato bahasa indonesia ada 15 peserta, dan lomba video kreatif berdurasi pendek instagram diikuti oleh 15 orang peserta.

Di sisi lain, para pelajar beserta guru dan karyawan dari SMK Terpadu Al-Ishlahiyah juga terlibat dalam pameran dan bazar. Dari pantauan Jatim Times, tak kurang dari 430 siswa siswi dan 50 tenaga pendidik beserta staf yang terlibat. Mereka mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah yang ada di Indonesia.

"Bagi peserta yang mendapatkan juara akan mendapatkan sejumlah hadiah berupa uang pembinaan beserta tropi. Selain itu juga ada sertifikat yang kami berikan kepada seluruh peserta lomba," ulasnya.

Tidak berhenti di situ, pada agenda SMEKTIS Fair Part 6 yang turut menggandeng sponsor mentereng mulai dari penerbit buku hingga toko peralatan perkantoran ini, para peserta yang memenangkan lomba juga berkesempatan mendapatkan beragam beasiswa.

"Juara pertama dapat free formulir jika ingin mendaftar di sekolah kami. Selain itu juga berkesempatan mendapatkan beasiswa. Sedangkan bagi peserta lain yang mungkin belum dapat juara tetap bisa mendapatkan potongan hingga Rp 1 juta jika termasuk 100 pendaftar pertama di SMEKTIS," ucapnya.

Lantas bagaimana jika tidak terlibat sebagai peserta lomba? Anas mengaku beasiswa yang diberikan tetap berlaku bagi seluruh siswa. Sebab, sekolah kejuruan yang berlokasi di Singosari, Kabupaten Malang tersebut menyediakan banyak beasiswa baik prestasi maupun non prestasi.

"Ada banyak program beasiswa dari sekolah kami. Syaratnya menyerahkan bukti sertifikat juara pertama, minimal di tingkat kabupaten/kota. Nanti akan kami seleksi," jelas Anas.

Sekadar informasi, untuk program free Rp 1 juta bagi 100 pendaftar pertama di salah satu sekolah favorit di Kabupaten Malang ini, tetap akan mendapatkan seragam beserta atributnya, perlengkapan kejuruan, hingga beragam kitab.

"Sesuai moto sekolah kami yaitu Sekolah Sak Ngajine (sekolah sekaligus mengaji), maka di SMK kami ini selain belajar sesuai kurikulum nasional juga ada pelajaran seperti di Pondok Pesantren. Jadi semua siswa yang mendaftar akan mendapatkan kitab untuk dipelajari ketika madrasah diniyah seusai sekolah," terangnya.

Sampai dengan saat ini, lanjut Anas, di SMK Terpadu Al-Ishlahiyah terdapat 4 jurusan unggulan. Yakni meliputi Jurusan Produksi Film, Design Perancangan Busana, Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), dan terakhir Perkantoran.

"Harapan kami, dengan adanya salah satu agenda yang telah menjadi ikon di sekolah ini, bisa menjaring anak-anak SMP sederajat untuk melanjutkan studinya di sini. Selain itu kami juga berharap, dengan adanya agenda ini bisa lebih mengenalkan SMK Terpadu Al-Ishlahiyah," pungkasnya.

Sementara itu, salah satu peserta MTQ, Arjuna Wildan Alghazi mengaku sangat antusias dengan adanya agenda SMEKTIS Fair Part 6. Terlebih, pada kesempatan kali ini pelajar dari SMP Plus Al-Firdaus itu, baru kali pertama menjajal panggung perlombaan MTQ.

"Terima kasih kepada panitia dan SMK Terpadu Al-Ishlahiyah yang sudah menyelenggarakan acara ini. Bismillah, optimis menang," serunya.

Sebagai tambahan, dalam acara spektakuler yang dimulai sejak Sabtu (3/9/2022) ini, para pengunjung juga bisa menikmati beragam makanan dan minuman yang disediakan di stand bazar.

Selain itu, para pengunjung juga bisa memasuki ruang aula sekolah yang didalamnya terdapat beragam ketrampilan dari hasil karya siswa siswi SMK Terpadu Al-Ishlahiyah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru