Malangtimes

Cerita Peserta Program JKN yang Rasakan Manfaat Layanan Kesehatan dari BPJS

Sep 02, 2022 16:06
Pegawai BPJS Kesehatan (kiri) saat memberikan pelayanan kesehatan kepada peserta program JKN. (Foto: Dok. Humas BPJS Cabang Malang) 
Pegawai BPJS Kesehatan (kiri) saat memberikan pelayanan kesehatan kepada peserta program JKN. (Foto: Dok. Humas BPJS Cabang Malang) 

JATIMTIMES - Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terus berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada para peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). 

Salah satu bukti pelayanan terbaik dari BPJS Kesehatan tersebut adalah banyaknya respons positif dari para peserta program JKN. Pasalnya, dengan menjadi peserta program JKN, masyarakat tidak perlu khawatir atas biaya pelayanan kesehatan saat memerlukan layanan kesehatan. 

Hal itu pula yang dirasakan  Dian Yuda Eka Safitri (29). Warga Kota Malang yang terdaftar kepesertaan segmen pekerja penerima upah (PPU) tersebut menceritakan bahwa program JKN sangat berjasa untuk dirinya dan keluarganya. 

"Jujur, program JKN ini sangat membantu. Banyak sekali manfaat yang saya dan keluarga rasakan. Saya sering menggunakan JKN untuk mendapatkan pelayanan kesehatan," ujarnya.

Dian pun menjelaskan, pertama menggunakan program JKN untuk melakukan operasi kecil bedah mulut. Dian pun bersyukur tidak mengeluarkan biaya sedikit pun. 

"Kemudian saya juga menggunakan JKN selama pemeriksaan kehamilan hingga melahirkan. Bahkan waktu itu juga dilakukan fototerapi untuk anak saya dan alhamdulillah semua ditanggung penuh oleh BPJS Kesehatan," ungkap Dian. 

Dalam kesempatan yang sama, Dian juga mengungkapkan kemudahan yang bisa didapatkan dari kepesertaan JKN. Yakni  program JKN menjamin seluruh pelayanan kesehatan terhadap peserta JKN selama prosesnya sudah dilakukan sesuai dengan prosedur. 

"Sebenarnya untuk menggunakan JKN ini sangat mudah, asalkan rutin membayar iuran, persyaratan lengkap, dan semuanya dilakukan sesuai dengan prosedur. Pelayanan administrasi juga sangat mudah. Saya pernah pindah fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP), kemudian mengambil antrean online bisa dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN," jelas Dian. 

Dian mengajak seluruh masyarakat untuk segera mendaftarkan dirinya dan keluarganya menjadi peserta JKN untuk jaminan perlindungan kesehatan. Tidak lupa, Dian juga menyampaikan terima kasih dan saran perbaikan darinya untuk BPJS Kesehatan. 

Lebih lanjut, Dian  berharap masyarakat yang belum menjadi peserta JKN untuk segera mendaftar. "JKN itu salah satu investasi jangka panjang untuk perlindungan kesehatan kita," kata Dian. 

Menurut dia, tidak ada orang yang ingin sakit karena impian dari semua orang adalah ingin sehat. Tetapi, namanya manusia juga tidak akan terlepas dari sakit karena bukan makhluk sempurna. 

"Tapi alangkah lebih baik apabila kita memiliki jaminan perlindungan untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu sakit, tidak perlu pusing memikirkan biaya. Terima kasih BPJS Kesehatan. Saya berharap program JKN bisa lebih baik lagi ke depannya," pungkas Dian. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru