Bolehkah Berharap Seseorang jadi Jodoh Kita? Buya Yahya Menjawab

Sep 02, 2022 09:55
Hukum berharap seseorang menjadi jodoh kita Buya Yahya Albahjah (foto: screenshot instagram @buyayahya_albahjah)
Hukum berharap seseorang menjadi jodoh kita Buya Yahya Albahjah (foto: screenshot instagram @buyayahya_albahjah)

JATIMTIMES - Berharap adalah memiliki keinginan dan bayangan agar sesuatu hal bisa terjadi. Berharap mendapatkan sesuatu yang lebih dari biasanya adalah hal yang wajar dialami setiap manusia.

Berharap itu adalah hal yang diperkenankan, asalkan yang diharapkan itu baik, dan tidak bertentangan dengan syariat untuk mendapatkannya. Dikutip dari Instagram @buyayahya_albahjah, Kamis (1/09/22).

"Berharap itu diperkenankan, asal tujuannya baik dan dalam usahanya tidak bertentangan dengan syariat Islam," ujar Buya.

Lebih lanjut, Buya menjelaskan jika niat baik, berharap dengan tujuan yang baik namun dalam proses menggapai tujuan itu melakukan sesuatu yang haram, maka menjadi haram.

"Tapi jika dalam proses penggapaian harapan itu melakukan sesuatu yang haram ya niat baik tadi ikutan haram," jelas Buya.

Sama halnya dengan berharap untuk jodoh. Berharap atau meminta agar diberikan jodoh yang baik itu adalah hal yang wajar, selama dalam proses berharap atau menantinya sesuai syariat Islam.

Kemudian, Buya juga menjelaskan cara berharap atau menanti jodoh sesuai syariat itu seperti apa? Dijelaskan oleh Buya bahwa caranya bisa dengan melakukan salat istikharah.

"Misal ada wanita yang berharap pada laki-laki baik, lakukan salat istikaharah agar diberikan petunjuk oleh Allah," jelas Buya.

Dengan melakukan harapan yang disertai dengan syariat Islam, maka itu yang akan membuat seseorang tidak akan merasakan kecewa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru