Malangtimes

Perhumas Malang Raya Tekankan Humas Harus Adaptif dengan Dunia Digital

Sep 01, 2022 18:20
Ketua BPC Perhumas Malang Raya Andina Paramitha (berdiri) saat menjelaskan terkait pentingnya sifat adaptif dari humas dalam memasuki dunia digital di Rumah Baca Cerdas Malang, Rabu (31/8/2022). (Foto: Istimewa) 
Ketua BPC Perhumas Malang Raya Andina Paramitha (berdiri) saat menjelaskan terkait pentingnya sifat adaptif dari humas dalam memasuki dunia digital di Rumah Baca Cerdas Malang, Rabu (31/8/2022). (Foto: Istimewa) 

JATIMTIMES - Badan Pengurus Cabang (BPC) Perhimpunan Hubungan Masyarakat (Perhumas) Malang Raya menekankan pentingnya peran para humas di dalam dunia digital yang terus menunjukkan perkembangan signifikan. 

Ketua BPC Perhumas Malang Raya Andina Paramitha menjelaskan, di tengah perkembangan dunia digital yang terus berjalan dengan segala teknologinya, membuat seluruh sektor industri melakukan adaptasi ke arah transformasi digital. 

Salah satunya yang saat ini sudah harus memerhatikan pentingnya dan menyesuaikan dengan dunia digital yakni dunia perhumasan. 

Oleh karena itu, BPC Perhumas Malang Raya pun menggelar acara sharing dengan para anggota Perhumas Malang Raya yang didominasi para bagian humas dari institusi pendidikan, dalam hal ini kampus. 

"Kami sharing bersama dan menemukan banyak insight. Kira-kira, apa aja, sih yang dibutuhkan oleh humas, utamanya di dunia yang serba digital saat ini," ungkap Ketua Perhumas Malang Raya Andina Paramitha dalam keterangan yang dikutip JatimTIMES.com, Kamis (1/9/2022). 

Menurutnya, peran humas di segala lini struktur organisasi sangat penting. Karena, dari humas lah setiap institusi dapat menggaungkan citra yang baik dari masing-masing institusi. 

"Utamanya di tengah krisis yang terjadi. Hal ini butuh keahlian khusus, serta harus adaptif dan memiliki kapabilitas yang mumpuni," kata Andina. 

Lebih lanjut, di dalam dunia digital sendiri, humas harus berperan aktif dalam menangkap segala perkembangan informasi di tengah-tengah masyarakat. Utamanya melalui media sosial. 

"Humas harus punya strategi tertentu. Selain mempelajari kondisi saat ini, karena semua informasi serba cepat, juga harus belajar membenruk dan menyajikan rilis atau pemberitaan," kata Andina. 

Perempuan yang juga CEO Ngalup Collaborative Network ini menjelaskan, humas juga harus menjalankan strategi pembuatan konten dan aktif memperluas jaringan dengan seluruh stakeholder yang ada, termasuk rekan-rekan wartawan atau jurnalis. 

"Karena dari situ humas juga akan banyak mendapatkan insight, utamanya dari teman-teman media," imbuh Andina. 

Lebih lanjut, pihaknya berharap dengan adanya pertemuan dengan para anggota Perhumas Malang Raya dan rekan-rekan wartawan di Malang Raya, dapat terjalin kolaborasi serta silaturrahmi yang lebih baik lagi ke depannya. Terlebih lagi hadirnya Perhumas di Malang Raya yang sudah berusia 18 tahun ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang lebih besar.

"Harapannya ke depan lebih gayeng dan bisa terjalin silaturahmi. Tidak hanya sesama humas, tapi juga stakeholder dan media, sehingga bisa saling memberi manfaat," tutup Andina. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru