Jadi Akses Pariwisata, Pemkot Batu Bangun Ruas Jalan Tembus di Kecamatan Junrejo

Sep 01, 2022 18:02
Kawasan jalan tembus Dusun Klerek, Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo.
Kawasan jalan tembus Dusun Klerek, Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo.

JATIMTIMES - Peningkatan ruas jalan tembus bakal dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu. Kali ini bakal dikakukan di kawasan Dusun Klerek, Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo dengan anggaran dari APBD Kota Batu tahun 2022 sebesar Rp 4 miliar.

Sebelumnya, jalan tembus ini kondisinya masih makadam dikelilingi dengan persawahan dan perbukitan. Di tengah-tengah jalur tersebut terdapat Arca Ganesha.

Arca Ganesha adalah salah satu peninggalan sejarah atau cagar budaya yang ada di Dusun Klerek, Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo. Hingga saat ini, arca tersebut masih menjadi jujukan masyarakat untuk memanjatkan doa.

Kepala DPUPR Kota Batu, Alfi Nurhidayat mengatakan nantinya jenis pengadaan pekerjaan adalah konstruksi menggunakan kombinasi rigid pavement (beton) dan flexible pavement (hot mixed asphalt). Dengan panjang peningkatan jalan sekitar 1400 meter dan lebar 4-6 meter.

Proyek tersebut dimenangkan oleh Karya Abadi Perkasa dengan alamat Puncak Mandala 41 – Kota Malang dengan nilai tender Rp 2.666.245.092.

“Tidak menutup kemungkinan jika nantinya ruas ini akan kita koneksikan dengan ruas Batu – Giripurno (Batu – Karangploso) via Dusun Durek,” ucapnya.

Hal ini juga sesuai instruksi Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, dengan peningkatan jalan untuk mengurai kemacetan serta mendukung produktivitas masyarakat di pedesaan. Khususnya produk pertanian warga di Desa Torongrejo.

Dengan jalan tembus tersebut, diharapkan laju pertumbuhan ekonomi dan pendukung konektivitas antar wilayah bisa maksimal. 

“Diharapkan mampu mengangkat semua sektor. Mulai dari sektor pertanian hingga pariwisata agar kembali bergairah,” harap Alfi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru