Pipa Perumda Tugu Tirta Alami Kebocoran di Pulungdowo, 5 Kelurahan Terdampak

Sep 01, 2022 10:14
Tampak kebocoran pipa Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang yang menyebabkan genangan air yang cukup deras di kawasan Dusun Glagahdowo, Desa Pulungdowo, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Kamis (1/9/2022). (Foto: Tangkapan layar) 
Tampak kebocoran pipa Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang yang menyebabkan genangan air yang cukup deras di kawasan Dusun Glagahdowo, Desa Pulungdowo, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Kamis (1/9/2022). (Foto: Tangkapan layar) 

JATIMTIMES - Peristiwa kebocoran pipa dinas transmisi Perusahaa Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tugu Tirta Kota Malang kembali terjadi di kawasan Dusun Glagahdowo, Desa Pulungdowo, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. 

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, kebocoran pipa Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang terjadi pada hari Kamis (1/9/2022) sekitar pukul 06.00 WIB. 

Tampak pada dua video berdurasi singkat yang viral di beberapa WhatsApp Group (WAG) dan media sosial lainnya, menunjukkan derasnya pancaran air dari dalam tanah yang disebabkan oleh bocornya pipa dinas transmisi Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang. 

Hal itu menyebabkan genangan air yang cukup besar di kawasan Dusun Glagahdowo, Desa Pulungdowo, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Hingga menyebabkan satu mobil pick up sudah dalam keadaan miring dan hampir terbalik. 

Selain itu, tampak beberapa pemotor mengendarai kendaraannya dengan berhati-hati agar tidak terjatuh karena terjangan aliran air yang deras dari kebocoran pipa dinas transmisi milik Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang. 

Salah satu warga bernama Rony Mustofa mengatakan, dirinya yang setiap hari melintasi kawasan Dusun Glagahdowo Desa Pulungdowo tersebut merasa terganggu atas kebocoran pipa Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang. 

"Dampak dari bocornya pipa ini, ya kerusakan infrastruktur jalannya jadi rusak, terus kena banjir itu kan lewatnya jadi licin," ujar Rony. 

Dirinya menuturkan, di kawasan tersebut kerap kali mengalami banjir atau genangan air yang cukup deras disebabkan oleh bocornya pipa Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang. Sehingga, menurutnya hal tersebut mengganggu lalu lintas masyarakat yang melintas di wilayah Desa Pulungdowo, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. 

"Bahkan di titik sebelahnya itu belum selesai perbaikannya, terus ini ada bocor lagi," kata Rony. 

Mobil yang terdampak kebocoran pipa Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang.

Pihaknya pun berharap, ke depan agar pihak-pihak terkait khususnya Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang turut memperbaiki sarana prasarana yang rusak akibat kebocoran pipanya. 

"Karena kalau (pipanya) bocor, airnya muncrat keluar itu mengganggu. Karena kalau dikeduk (digali) itu kan jalannya jadi nggak enak mas. Biasanya satu hari belum selesai perbaikannya," ucap Rony. 

Dilansir dari instagram @perumdatugutirta, akibat dari bocornya pipa dinas transmisi milik Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang maka pelanggan akan mengalami air kecil hingga tidak mengalir. Sehingga ketika masih teraliri, pelanggan diimbau untuk menampung air. 

Lebih lanjut, akibat dari bocornya pipa dinas transmisi milik Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang menyebabkan pelanggan yang berada di lima kelurahan terdampak air kecil hingga tidak mengalir. Di antaranya, Kelurahan Buring, Kelurahan Kedungkandang, Kelurahan Wonokoyo, Kelurahan Tlogowaru, dan Kelurahan Arjowinangun. 

Sementara itu, Direktur Utama Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang M Nor Muhlas membenarkan adanya kebocoran pipa Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang di wilayah Dusun Glagahdowo, Desa Pulungdowo, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. 

"Iya memang ada yang pecah (pipa dinas transmisi), sekarang masuk tahap perbaikan, pagi tadi (bocornya)," ujar Muhlas kepada JatimTIMES.com, Kamis (1/9/2022). 

Pihaknya juga mengatakan, ketika terjadi kebocoran pipa dinas transmisi atau gangguan layanan lainnya, petugas dari Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang segera merespons dan menangani dengan cepat.  

"Iya pasti (petugas respons cepat menangani). Ini tadi eskavatornya sudah datang, segera kita (tangani)," pungkas Muhlas. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru