Kata Nabi, Kesembuhan Itu Terdapat di 3 Hal Ini, Apa Sajakah?

Sep 01, 2022 07:41
3 kunci kesembuhan ada di 3 hal ini loh (foto: hasil screenshot Instagram dr.zaidulakbar_jsr)
3 kunci kesembuhan ada di 3 hal ini loh (foto: hasil screenshot Instagram dr.zaidulakbar_jsr)

JATIMTIMES - Sehat dalam islam ada berbagai cara, ada yang melalui terapi ada yang melalui kebiasaan-kebiasaan setiap harinya.

Sehat dan kesembuhan suatu penyakit tak lepas dari usaha serta keistiqomaan. Nabi dan Allah menjanjkan sebuah kesembuhan bagi umatnya melalui 3 hal.

Dikutip dari Instagram @dr.zaidulakbar_jsr, bahkan Nabi pernah mengatakan bahwa kesembuhan itu terdapat di tiga hal. Hal itu disampaikan ulang oleh dr. Zaidul Akbar.

"Kata Nabi dalam hadits 'assyifa'u fii salasatin syarbati', (terapi) kesembuhan itu ada tiga, pertama sarbatil aslin atau minum madu, yang kedua wasyartatil mihjamin berbekam, yang ketiga (wakayyatin narrin) kay atau besi panas. Haditsnya soheh, hadits ini menjelaskan bahwa pilihan kesembuhan ada pada madu, berbekam, kay," ungkapnya.

Meminum madu bukan hanya sekedar minum dan dapat kesehatan, namun ada keberkahan di dalamnya. Ada janji Allah dan Nabi di dalam madu, lalu tagih janji itu melalui istiqomah dalam pengkonsumsiannya. 

Tidak hanya itu, pendakwah sekaligus juru sehat ala Rasulullah itu juga mengatakan bahwa seandainya manusia menerapkan software hardware Islam secara sungguh-sungguh maka akan ada banyak penyakit yang dapat dicegah serta banyak sekali manfaatnya. 

Namun, bagaimana mau sehat jika kebiasaan buruk masih dilakukan setiap harinya.

"Sebenarnya jika kita benar-benar menerapkan software hardware Islam maka banyak loh penyakit yang bisa dicegah," ujar dr. Zaidul Akbar.

Selanjutnya, dr. Zaidul Akbar juga menyarankan agar melakukan bekam dan juga puasa. Namun, untuk melakukan puasa membutuhkan iman yang kuat.

"Tapi bagaimana mau sehat kalau pagi-pagi udah nasi uduk nasi goreng," jelas dr. Zaidul Akbar.

Di zaman saat ini kita sangat kurang dalam penerapan anjuran-anjuran sehat dalam Islam, sehingga mudah sekali diserang penyakit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru