Dorong Perluasan Akses Keuangan untuk Masyarakat, Pemkot Batu Hadirkan Sikanda Prabu

Aug 31, 2022 19:56
Sikanda Prabu.
Sikanda Prabu.

JATIMTIMES- Untuk mendorong perluasan akses keuangan bagi masyarakat, Pemkot Batu menhadirkan inovasi baru. Inovasi itu adalah Sistem Informasi Akses Keuangan Daerah (Sikanda Prabu).

“Website SIKANDA PRABU sudah terintegrasi dengan Kredit Usaha Rakyat, bagi UMKM yang membutuhkan tambahan modal bisa memanfaatkan fasilitas ini,” ungkap Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Manusia Setda Kota Batu, Emilyati, Rabu (31/8/2022).

Tidak hanya itu saja, Pemkot Batu juga memiliki Aplikasi Kredit Usaha Rakyat (A-KUR) yang memudahkan pengajuan Kredit Usaha Rakyat hanya melalui gadget dan komputer. Tersedia dengan empat Bank Penyalur KUR yakni BRI, Bank Jatim, Mandiri dan BNI.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menambahkan, UMKM menjadi salah satu keniscayaan yang bisa membangkitkan perekonomian. Pemasaran secara digital menjadi salah satu akses bagi UMKM untuk meningkatkan daya saing.

“Keberadaan UMKM ini menjadi keniscayaan di tengah pandemi Covid-19. Saat ini, mau tidak mau kita harus bisa beradaptasi dengan digital untuk keberlanjutan usaha, baik dari segi pemasaran atau sistem keuangan,” ujar Dewanti.

Karena itu dengan hadirnya fasilitas tersebut agar bisa menjembatani permasalahan yang terjadi pada UMKM. Sehingga ke depan UMKM di Kota Batu tidak ada lagi kendala.

Sedang Pemkot Batu juga telah menyediakan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) yang bisa dimanfaatkan para pelaku UMKM, dalam pengembangan usaha, peningkatan kualitas dan pemasaran produk.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru