Dua Bulan Kekurangan Air, Satbrimob Polda Jatim Pasok Puluhan Ribu Liter Air Bersih di Kabupaten Malang

Aug 31, 2022 14:53
Anggota Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Jatim (seragam hitam) saat mendistribusikan pasokan air bersih kepada ratusan warga yang ada di Desa Putukrejo, Kabupaten Malang (Foto : Satbrimob Polda Jatim for JatimTIMES)
Anggota Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Jatim (seragam hitam) saat mendistribusikan pasokan air bersih kepada ratusan warga yang ada di Desa Putukrejo, Kabupaten Malang (Foto : Satbrimob Polda Jatim for JatimTIMES)

JATIMTIMES - Selain bertugas memberikan pembinaan dan pengerahan kekuatan untuk menanggulangi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat, Satuan Korps Brimob (Satbrimob) Polda Jawa Timur (Jatim) juga aktif terlibat dalam mengatasi masalah kekurangan pasokan air bersih di Kabupaten Malang.

Terbaru, anggota Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Jatim memberikan bantuan pasokan air bersih kepada ratusan warga yang ada di Desa Putukrejo, Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang, Rabu (31/8/2022).

"Setelah melakukan persiapan selama kurang lebih dua hari, pagi tadi kami akhirnya mengerahkan beberapa personel gabungan dan dua unit truk tangki kapasitas 5.000 liter air bersih ke Kalipare," kata Komandan Batalyon (Danyon) B Pelopor Satbrimob Polda Jatim AKBP Agus Waluyo, Rabu (31/8/2022).

Kepada JatimTIMES.com, Agus mengaku jika ada puluhan personel yang dikerahkan dalam agenda pembagian air bersih tersebut di antaranya dari tim gabungan yang terdiri dari jajaran kepolisian hingga pemerintahan.

"Pada kegiatan kali ini, kami (Satbrimob Polda Jatim) juga bekerja sama dengan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) dan PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) Kabupaten Malang. Selain itu, anggota Polsek Kalipare dan perwakilan warga, juga turut serta dalam mengkondisikan distribusi pasokan air bersih ini," jelasnya.

Selain membagikan air bersih, lanjut Agus, pihaknya juga memberikan puluhan galon atau jeriken air kepada warga yang membutuhkan. 

"Selain mendistribusikan air bersih, anggota kami juga menyediakan sekitar 20 jeriken kosong berkapasitas sekitar 10 liter untuk dibagikan kepada warga yang membutuhkan," ulasnya.

Dari laporan yang didapat Jatim Times, ratusan warga yang mendapat pasokan air bersih di Desa Putukrejo, Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang terpantau sangat antusias. Sebagian dari warga ada yang membawa ember, timba, jeriken, hingga wadah air lainnya untuk mengambil pasokan air bersih yang diberikan oleh Satbrimob Polda Jatim tersebut.

"Warga sekitar sangat antusias, terlebih sudah sekitar dua bulan belakangan ini para warga mengaku mengalami kekurangan air bersih. Agenda semacam memang sudah menjadi kewajiban kita untuk saling tolong menolong. Kami berharap, dengan adanya agenda semacam ini dapat memberikan pelajaran sekaligus menginspirasi banyak orang, untuk tidak berhenti dalam berbuat kebaikan," ujarnya.

Sementara itu, salah satu warga yang menerima pasokan air bersih, yakni Slamet, mengaku sangat antusias saat mengetahui jajaran Brimob hendak membagikan air bersih kepada warga Desa Putukrejo, Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang.

"Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada Brimob yang telah bersedia memberikan bantuan air bersih kepada kami. Soalnya sudah dua bulan ini warga mengalami kekurangan pasokan dan persediaan air bersih. Kami berharap semoga dengan adanya agenda semacam ini, dapat menjadi berkah untuk kita semua,” ujar Slamet. 

Terpisah, Danki 4B Pelopor Satbrimob Polda Jatim AKP Nono Sugiono menuturkan, sedikitnya ada sekitar 1 kompi gabungan yang dilibatkan dalam agenda pendistribusian air bersih di Kecamatan Kalipare tersebut.

"Ada sekitar satu kompi gabungan yang kami kerahkan, di antaranya dari kompi 4 Batalyon Pelopor sama anggota staf batalyon juga saya kerahkan, jumlahnya sekitar 30 personel. Selain itu petugas gabungan dari Polsek Kalipare dan perwakilan dari PDAM, BPBD dan warga juga turut serta kami libatkan," jelasnya.

Nantinya, masih menurut Nono, kegiatan pendistribusian air bersih yang telah menjadi atensi dari Komandan Satbrimob (Dansatbrimob) Polda Jatim ini, akan rutin dilakukan secara bergiliran di beberapa daerah lain selain di Kabupaten Malang.

"Kita akan terus melakukan pendataan daerah mana saja yang mengalami kekurangan pasokan air bersih. Terutama di daerah yang ada di wilayah hukum kita, seperti di Probolinggo, Lumajang dan lain sebagainya. Jadi tidak hanya di Kabupaten Malang saja," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru